Terima Kasih, Baba Budan!

0

Kopling udah pernah cerita tentang Kaldi dan kambingnya, yang menurut cerita adalah asal muasal ditemukannya biji kopi. Tapi ada cerita lain yang beredar, dan cerita ini berasal dari Timur Tengah.

Menurut sumber lainnya, kopi itu disebarkan bersamaan dengan tersebarnya agama Islam di Afrika, Timur Tengah, dan Asia. Dulu, nggak ada satu pohon kopi pun yang tumbuh di Timur Tengah, dan semua biji kopi di sana harus diimpor. Selain itu, biji kopi itu harus direbus dulu atau disterilisasi.

arab-coffee

Tersebutlah seorang sufi yang berasal dari India, yang bernama Baba Budan. Baba Budan ini pernah melakukan perjalanan relijius ke Timur Tengah pada Abad 17. Karena ketika itu kopi dilarang masuk di India, Baba Budan yang adalah penggila kopi dan nggak bisa nggak minum kopi ini mengikat beberapa tujuh bibit kopi di perutnya, dan menanamnya di kampung halamannya. Sejak itulah pohon kopi tersebar ke seluruh dunia.

Gabriel_de_Clieu__Petite__Anthologie1-620x412

Indonesia juga punya peranan penting dalam penyebaran kopi di dunia pada masa itu. Bangsa Belanda menyelundupkan kopi dan kemudian kopi masuk ke Indonesia. Mereka lalu membagikan tanaman kopi kepada teman-teman, sekutu, dan keluarga kerajaan. Raja Louis XIV yang juga mendapat tanaman kopi ini menanamnya di Royal Botannical Garden, yang kemudian menginspirasi seorang Angkatan Laut Prancis untuk menanam kopi di Martinique, padahal dilarang keras untuk melakukannya. Tapi dia nggak putus asa, dan terus menyebarkan tanaman kopi ini ke seluruh dunia setiap kali dia melakukan perjalanan, sampai akhirnya tanaman kopi juga tumbuh di Amerika Latin. Angkatan Laut yang bisa kita anggap sebagai pahlawan ini bernama Gabriel Mathieu de Clieu.

Di Brazil, orang juga awalnya dilarang untuk menanam kopi, tapi mereka terus mencari cara untuk mencuri bibit biji kopi dan membuat perkebunan kopi. Nggak heran, penyebaran tanaman kopi pada awalnya itu penuh dengan pencurian, penyelundupan, dan hal-hal lainnya yang melanggar hukum. Mereka mau melakukan semuanya demi kopi.

brother_baba_budan_RESIZE

Tapi, tetap saja orang yang paling berjasa dalam penyebaran biji kopi ini adalah Baba Budan. Kesuksesan Sang Sufi ini berawal di perbukitan di Mysore, India. Sampai hari ini, kita masih menikmati perjuangannya, dan bahkan perkebunan asli milik Baba Budan ini sampai sekarang masih menghasilkan biji kopi, dan memakai merk “Budan Beans”.

Terima kasih, Baba Budan!

Sumber gambar: gourmet-coffee.com dan beberapa sumber lainnya

No comments

Perkawinan Art & Fashion

Siapa bilang hanya karya seni saja yang bisa terinspirasi dari sesuatu hal? Jean-Baptiste-Camille Corot adalah seorang pelukis asal Prancis yang beraliran realisme dan romantisme. Berbeda ...