Art

Salina Turda: Museum Bawah Tanah

Bukan, Salina Turda bukan nama perempuan cantik – tapi nama sebuah pertambangan garam. Seperti yang kita tahu, salah satu kegunaan garam adalah untuk mengawetkan (bahan) makanan. Bukan hanya ikan, tapi juga keju. Wah, kenapa ya Kopling mendadak membahas soal garam?

salina-turda-3[2]

Pertambangan garam bawah tanah disulap menjadi museum (sumber: ggpht.com)

Ada sebuah pertambangan garam di Romania, Salina Turda (Pertambangan Garam Turda), yang terletak jauh di bawah tanah di kota Turda. Di masa lalu, tempat ini menjadi penghasil garam yang sangat besar – mulai sejak abad pertengahan sampai awal Abad 20. Kemudian di tahun 1932, mereka nggak lagi menjadikan tempat ini sebagai pertambangan garam, dan fungsinya berubah menjadi tempat penyimpanan bom pada Perang Dunia II dan tempat penyimpanan keju.

1082136337

Para pekerja pertambangan di Salina Turda dulu (sumber: api.ning.com)

Pada tahun 1992, pertambangan ini kembali dibuka untuk umum, dan berubah fungsi menjadi museum yang lengkap dengan aneka hiburan, seperti tempat untuk bermain bowling, amphitheater, mini golf, spa, dan banyak hiburan lainya. Di tempat ini, kita juga bisa menjalani haloterapi – sebuah terapi dengan garam untuk mengobati gangguan pada pernafasan dan iritasi kulit. Luar biasa ya! Lift yang tadinya digunakan untuk mengangkut garam juga sekarang digunakan untuk mengangkut manusia. Yang paling menarik dari tempat ini adalah panoramic wheel atau “roda berpanorama” yang memungkinkan para turis untuk melihat stalagmit yang sudah terbentuk di gua tersebut sejak 1,000 tahun yang lalu.

1082136110

Museum Salina Turda (sumber: api.ning.com)

salina-turda-5[6]

Museum Salina Turda (sumber: ggpht.com)

Salina Turda masuk ke dalam daftar Business Insider sebagai tempat bawah tanah yang paing indah di dunia. Selain itu, Salina Turda juga menduduki peringkat ke-22 sebagai tempat paling spektakuler di seluruh dunia. Sejak dibuka untuk umum, sudan ada dua milyar turis yang mengunjungi tempat ini, baik dari Romania sendiri, maupun dari seluruh dunia.

Ada 3 pertambangan garam yang bisa dikunjungi ketika kita berada di Salina Turda: Echo Room, Terezia – yang dalamnya 120 meter, Anton – yang dalamnya 108 meter, dan Rudolf – yang terbesar di antara ketiganya. Suhu di tempat ini selalu sama sepanjang tahun: 10 – 12 derajat Celsius. Jadi kalau kamu ingin berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa sweater.

Menarik banget ya? Kombinasi antara museum dan tempat hiburan bisa jadi perpaduan seru untuk bikin orang kepengin mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Sinterklas Ternyata Bukan Tokoh Fiktif!

Tokoh Natal sekuler yang paling terkenal sejak dulu hingga kini adalah seorang kakek gemuk berperut besar, berjanggut putih, dan berjubah merah yang kita kenal sebagai ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official