Art

Ide Hadiah untuk Si Pencinta Seni

Nggak terasa sekarang sudah memasuki bulan Oktober, dan sebentar lagi sudah akhir tahun. Saatnya untuk memikirkan kado untuk orang-orang tersayang nih. Sudah tahu apa yang akan kamu berikan untuk mereka tahun ini?

Kalau belum, Kopling ingin membantu pembaca setia artikel-artikel Kopling untuk memilihkan kado untuk orang-orang terdekat kamu, terutama yang mencintai seni.

Hmmm… apa ya kira-kira?

The Louvre: All the Paintings

80011718_01_l

Buku yang berisi seluruh lukisan di Museum Louvre US$75
Tersedia di: metmuseum.org

Ini kado yang sangat pas untuk mereka yang hobi mengoleksi lukisan dan belum sempat ke Louvre. Atau, sudah pernah ke Louvre dan belum bisa move on dari keindahan lukisan-lukisan yang dipajang di sana.

Buku ini ditulis oleh Vincent Pomarède, foto-fotonya diambil oleh Erich Lessing, dan berisikan seluruh lukisan yang ada di Louvre saat ini, yang berjumlah 3,022 lukisan. Penulis buku ini, Vincent Pomarède, adalah seorang ahli sejarah seni dan dirinya juga dibantu oleh ahli sejarah lainnya, Anja Grebe.

Semua lukisan yang ada dalam lukisan ini dilengkapi dengan keterangan tentang judul lukisannya, senimannya, tanggal dibuatnya, bahan yang digunakan, ukurannya, dan di ruang mana dalam Louvre lukisan ini dapat ditemukan. Buku yang terdiri dari 784 halaman ini juga dilengkapi dengan sebuah DVD-ROM yang mengajak penontonnya untuk menjelajahi Louvre.

Keren banget ya? Nggak heran kalau buku ini masuk ke dalam daftar Time’s Best Gift Books pada tahun 2011.

Yayoi Kusama

kusama_catalogue_10423_large

Katalog Yayoi Kusama £24,99
Tersedia di: Tate.co.uk

Masih berbentuk buku, hadiah ini cocok buat teman kamu yang nge-fans banget sama Yayoi Kusama. Isinya ya tentang kisah hidup Yayoi Kusama, tentunya.

Buku best seller yang penuh dengan ilustrasi yang keren ini halaman pembukanya ditulis oleh kurator dari Tate, Frances Morris. Selain itu, beberapa tulisan disumbangkan oleh Jo Applin, Juliet Mitchell, Mignon Nixon, Rachel Taylor, dan Midori Yamamura.

Kantong Laptop Karya Ella Doran

artist_tools_laptop_case_15653_large

Kantong Laptop Ella Doran £30,00
Tersedia di: Tate.co.uk

Ini cocoknya diberikan kepada mereka yang suka melukis dan menulis, atau juga mereka yang membuat karya seninya dengan laptop. Desainer grafis, misalnya.

Terbuat dari bahan katun dan berukuran 37.5 cm x 27.5 cm, benda keren ini bisa kamu dapatkan di toko online milik Tate di Inggris. Perancangnya, Ella Doran, adalah seorang pengusaha sekaligus desainer yang sudah berkecimpung di bidangnya sejak awal tahun 90an yang pernah memenangkan penghargaan di bidang seni.

Ghost Clock

59422_A2_Ghost_Clock

Ghost Clock Yee-Ling Wan US$180
Tersedia di: momastore.org

Konon, seniman itu hidupnya terkesan santai. Tapi bukan berarti mereka lalu jadi boleh nggak peduli dengan waktu, bukan?

Jam keren ini dirancang oleh Yee-Ling Wan dan dibuat dari kaca dan chrome. Angka-angkanya ditulis dalam bentuk Romawi dan dijalankan dengan sebuah baterai berukuran AA.

Waste Land

91216xKiYAL._SL1500_

Film dokumenter Waste Land karya Vik Muniz US$13,47 (tidak termasuk biaya kirim)
Tersedia di: amazon.com 

Buat mereka yang suka seni, suka film tentang seni, sekaligus pencinta lingkungan hidup, kamu bisa memberikannya DVD yang disutradarai oleh Lucy Walker ini. Pemain utama dalam film ini adalah Vik Muniz, seorang seniman asal Brazil, dan kita diajak untuk mengikuti perjalanannya dari tempat tinggalnya di Brooklyn ke kampung halamannya, Brazil, juga Jardim Gramacho – tempat pembuangan sampah terbesar di dunia.

Dalam film ini, Muniz berkolaborasi dengan beberapa orang dan mereka menghasilkan gambar-gambar yang fotografis yang terbuat dari sampah.

Hint Mint

kawasaki-holiday-series

Permen Hint Mint Audrey Kawasaki
Tersedia di: hintmint.com

Bukannya berarti teman kamu butuh penyegar mulut ya, tapi yang menarik dari permen rasa mint ini adalah kalengnya. Hint Mint sendiri adalah sebuah perusahaan yang membawa seni ke dalam benda sehari-hari.

Permen yang tersedia dalam rasa peppermint, pomegranate acai, dan cokelat ini kalengnya didesain oleh Audrey Kawasaki – seorang seniman berdarah Jepang-Amerika dan karyanya dikenal sensual, eksotis, dan sangat feminin. Audrey juga pernah masuk ke dalam daftar “Best of LA – People”.

 

Art Print/Artworks

dielamaharanie_thegrandbudapest_WEB

Lukisan The Grand Budapest Hotel karya Diela Maharanie IDR500.000
Tersedia di: catalystartshop.com

Konsep memberi karya seni untuk seseorang mungkin terkesan menakutkan, karena bisa jadi kita nggak tau karya seperti apa yang mereka sukai. Tapi, sebenarnya karya seni itu merupakan hadiah yang cocok untuk diberikan di berbagai situasi, misalnya ulang tahun, pernikahan, housewarmingbaby shower, dan masih banyak lagi. Kuncinya cuma satu, apapun karyanya, belilah yang kira-kira sesuai dengan selera orang tersebut, jangan seleramu! Namanya juga hadiah kan? Hehe… Misalnya aja, temen kamu seorang pencinta film-filmnya Wes Anderson, kenapa nggak memberikan dia hadiah lukisan salah satu filmnya, The Grand Budapest Hotel?

Semoga membantu ya!

Banner-Catalyst

[PAMERAN] LOKALISASI

Ini wajib untuk kamu datangi, pameran 3 serangkai Ika Vantiani, Muhammad Taufiq (Emte), Rukmunal Hakim. Enggak perlu penjelasan lebih panjang deh, dateng aja, pasti enggak nyesel! 2 ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official