Bagaimana Membuat Kopi Berkualitas Dari Biji Kopi Yang Dijual Umum

Idealnya, di setiap dapur orang penggemar kopi harus tersedia barista yang akan senantiasa menyajikan kopi berkualitas setiap harinya. Tapi tentunya kita tidak tinggal di dunia utopis seperti yang itu. Realitanya kita harus menyempatkan menyeduh kopi yang mungkin dilakukan dengan tergesa-gesa dan membagi waktu untuk mengerjakan rutinitas pagi lainnya.

Tapi untunglah ada cahaya terang untuk masalah ini. Ternyata kita tidak perlu barista atau biji kopi pilhan untuk tetap dapat menyesap kopi yang sedap. Kopi yang kita beli eceran di toko pun dapat dikreasikan dengan cara yang relatif mudah guna mendapatkan secangkir kopi dengan kualitas ala buatan barista.

Katie Carguilo, juara US Barista Champion tahun 2012 dan pemimpin dari departemen Quality Control dari Counter Culture di West Coast, membagi tips kepada Huffington Post bagaimana melakukan brewing kopi dari biji kopi yang dibeli di toko kelontong agar setiap paginya dapat menjadi sempurna bagi penikmat kopi. Dan inilah dia:

Beli Biji Kopi

Saat mendapat pilihan apakah membeli biji kopi atau hanya ground bagged, maka plihlah semuanya. Menurut Carguilo, melakukan grinding kopi di rumah, tepat saat sebelum di-brewing, akan selalu menghasilkan kopi yang lebih bercita-rasa. Jika tidak memiliki grinder, maka opsinya adalah meminta toko untuk meng-grind biji kopi yang kita beli. Kebanyakan toko bisa melakukan hal ini dan jangan membuat risiko dengan membeli kopi yang sudah di-ground berminggu-minggu atau berbulan sebelumnya.

Belilah Kantong Berkatup

02

Kantong dengan katup (Sumber gambar: hufftingtonpost.com)

 

Menurut Carguilo biji kopi biasanya terbagi atas dua jenis kantong, kantong yang dilengkapi dengan katup (valve) atau kantong dari kertas linen. Katup pada kantong bertugas sebagai jalan keluar untuk gas yang dipancarkan oleh kantongnya dan mencegah udara untuk masuk. Biji kopi yang senantiasa kering merupakan kunci untuk kesegaran, jadi biji kopi yang dibiarkan tersimpan dalam kantong berkatup akan tetap segar lebih lama dari pada yang disimpan di jenis kantong yang lain.

Tetap Tutuplah Kantong Saat Melakukan Brewing

Senantiasa tutup kantong penyimpanan biji setelah menggunakannya dan simpan di tempat yang sejuk dan kering, seperti di atas meja pantry. Harus diingat, kelembapan adalah musuh dari biji kopi. Jika punya kebiasaan untuk membiarkan kantong terbuka di dalam kulkas, maka kantong tersebut harus dimasukkan dalam wadah lain yang tertutup agar tetap segar. Carguilo tidak yakin jika kopi yang dibekukan secara dramatis bisa memperpanjang nyawa kesegaran biji kopi tersebut, dan mungkin hanya sebuah kesia-siaan yang tidak pantas untuk dilakukan.

Ketahui Tanggal Roasting Biji Kopinya

Saat produsen biji kopi mencetak tanggal kapan biji kopinya di-roasting, mereka sebenarnya menyediakan yang disebut Carguilo sebagai “total transparency”. Kebanyakan merek kopi akan menyediakan tanggal penjualan atau tanggal kadaluarsa, namun tanggal-tanggal ini sifatnya samar-samar karena tidak ada jalan bagi untuk mengetahui bagaimana sebenarnya produsen menjaga biji kopi mereka tetap segar. Bukan berartinya kopinya jelek, hanya saja akan kehilangan cita rasanya. Saat kita mengetahui kapan kopinya di-roasting, kita bisa memperkirakan tingkat kesegaran biji kopi yang kita beli. Belilah biji kopi dengan tanggal roasting yang terbaru guna mendapatkan cita rasa kopi yang superior.

Pilihlah Kopi Yang Diroasted Ringan Untuk Rasa Yang Lebih Baik

Perbedaanya ternyata cukup kuat, jadi jika kita lebih suka rasa yang kuat dari kopi yang di-roast pekat, maka tentu saja belilah jenis kopi tersebut. Tapi jika kesegaran menjadi konsen utama kita, maka pilihlah yang light. Menurut Carguilo tipe ini cenderung untuk berasa lebih segar dibandingkan yang di-roast lebih lama karena proses roasting menyebabkan dinding sel kopi akan menjadi rusak, sehingga aroma dan gas kopi pun hilang dengan lebih mudah.

Rebuslah Air Terlebiih Dahulu Sebelum Memasukkannya Kedalam Coffee Maker

03

Sumber gambar: hufftingtonpost.com

 

Bahkan dengan menggunakan coffee maker yang paling murah sekalipun, air panas akan memberi perbedan yang cukup signifikan untuk kopi yang dihasilkan. Carguilo menyarankan untuk merebus terlebih dahulu air yang diperlukan sebelum memasukkannya ke dalam coffee maker. Hal ini dikarenakan mesin pembuat kopi tersebut tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk meningkatkan suhu dari air dingin. Tapi air panas jelas akan membiarkan rasa di biji kopinya akan terseduh dengan cukup baik.

About author

Post it!

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Post-it? Kebanyakan orang mungkin akan berkata catatan, kertas warna-warni, atau alat untuk mengingatkan kita akan sesuatu yang penting. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official