Jalan-Jalan Jakarta pt.1

Kamu kalau punya waktu luang biasanya ngapain? Pergi ke mal? Nonton bioskop? Makan? Kadang ngerasa bosen nggak sih sama hiburan yang itu-itu aja? Kalau iya, Kopling mau ngajak kamu pergi ke tempat hiburan alternatif murah meriah hore yang mungkin sudah banyak dilupakan orang-orang. Hmm, cobain deh weekend ini kamu jelajahin tempat-tempat berikut.

Museum Basoeki Abdullah

Basoeki Abdullah merupakan seorang maestro pelukis Indonesia yang menggenggam aliran realis dan naturalis. Beliau sangat terkenal hingga ke luar negeri dan telah berkeliling dunia untuk mempelajari seni lukis dari berbagai negara. Saking terkenalnya, beliau pun dibuatkan sebuah museum yang dulu adalah rumahnya untuk menyimpan beragam lukisan karyanya. Nggak hanya lukisan, di museum ini kita juga dapat menemukan pernak-pernik lainnya seperti patung, topeng, wayang, pakaian, senjata, buku, dan masih banyak lagi.

Yuk mampir ke sini! Jangan cuma tau karyanya Salvador Dali atau Pablo Picasso saja, tapi kenali juga pelukis Indonesia yang namanya udah mendunia ini.

Alamat
Jalan Keuangan Raya no 19
Telepon (021) 7698926

Jam buka
Selasa – Kamis : 08.00 – 15.00 WIB
Jumat : 08.00 – 11.00 WIB
Sabtu/Minggu : 08.00 – 11.30 WIB

Museum Layang-Layang

Museum ini cocok untuk kalian yang ingin melepas kerinduan dengan mainan sewaktu kecil. Ada tiga jenis kegiatan yang bisa kita nikmati di sini. Pertama adalah pemutaran audiovisual tentang sejarah dan jenis layang-layang serta cara menerbangkannya. Kedua, tentunya koleksi layang-layang dari seluruh daerah di Indonesia dan luar negeri. Tahukah kalian kalau layang-layang setiap daerah mempunyai ciri khasnya tersendiri? Nah yang ketiga kita bisa mencoba membuat layang-layang kita sendiri dan kita terbangkan di lapangan museum yang luas. Seru yah?

Alamat
Jl. H. Kamang no 38, Pondok Labu, Jakarta
Telepon (021) 765 8075

Harga
Tiket masuk : Rp 10.000,-
Workshop membuat layang-layang (atau keramik, batik, melukis payung dan t-shirt) : Rp 12.000,-

Akuarium Air Tawar & Museum Serangga TMII

Yang suka dengan hewan-hewan air disarankan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Meskipun akuarium yang terletak di dalam TMII ini hanya berisi hewan air tawar, tapi jenisnya sangat beragam! Di sini tersimpan berbagai jenis hewan air tawar dari Indonesia maupun luar negeri. Sebut saja ikan arapaima dari sungai Amazon, lele raksasa, berbagai salamander, puluhan ikan hias yang nggak kalah cantik dengan ikan laut. Pemandu lokasinya pun sangat ramah dan kita bisa melihat proses puffer fish dari kecil hingga menggembung. Nggak cuma dilihat, kita juga bisa memegangnya. Untung teksturnya sewaktu menggembung kasar, nggak licin berlendir seperti ikan pada umumnya.

Oh iya, tiket masuk ke akuarium air tawar sudah sepaket dengan museum serangga loh, jadi kita bisa melihat berbagai jenis serangga sekaligus. Tapi berhubung namanya museum, jadi serangganya tentu udah diawetkan ya, bukan yang hidup.

Alamat
Taman Mini Indonesia Indah
Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur 13560
Telepon (021) 840 9472

Jam buka
Senin – Minggu : 09.00 – 17.00

Tiket masuk
Gerbang TMII : Rp 9.000,-
Sepeda : Rp 1.000,-
Motor : Rp 6.000,-
Mobil : Rp 10.000,-
Museum : Rp 15.000,- (sudah termasuk Museum Serangga)

Planetarium Jakarta

Nah, buat yang tertarik sama dunia perbintangan, yuk kunjungi Planetarium Jakarta. Buat mengingat kembali aja, di Planetarium Jakarta kita bisa melihat pertunjukan selama 60 menit mengenai tata surya, gerhana matahari dan gerhana bulan, galaksi Bima Sakti, dan masih banyak lagi. Kalau kebetulan lagi ada fenomena di tata surya kita, Planetarium Jakarta juga menyediakan teleskop bagi mereka yang mau melihat langsung fenomena tersebut.

Alamat
Jl. Cikini Raya no 73, Taman Ismail Marzuki (TIM)
Telepon (021) 230 5146

Jadwal pertunjukan
Selasa – Jumat : setiap 16.30
Sabtu, Minggu, dan Sabtu Libur Nasional : setiap 10.00, 11.30, 13.00, dan 14.30
Jumat Libur Nasional : setiap 10.00, 11.30, 15.00, 16.30
Senin : tutup untuk pemeliharaan

Harga tiket
Anak-anak : Rp 3.500,-
Dewasa : Rp 7.000,-

Taman Burung TMII

Nggak perlu jauh-jauh ke Bali Bird Park kalau kalian mau melihat bermacam-macam jenis burung karena di Taman Burung yang terletak di dalam Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat ratusan jenis burung dari seluruh Indonesia. Di dalam Taman Burung ini terdapat beberapa kubah di mana kita dapat masuk ke dalam kubahnya dan melihat burung-burung berkeliaran di sekitar kita tanpa ada pembatas. Namun ada juga beberapa jenis burung yang di dalam sangkar, mungkin mengingat bahwa burung tersebut cukup galak kepada manusia. Di dalam suatu kubah juga tersedia tempat berfoto bersama beberapa jenis burung seperti burung paruh bengkok, burung hantu dan elang bondol. Pada saat-saat tertentu juga kalian dapat melihat penjaga taman burung memberi makan kepada burung-burung ini. Kemarin sih kami sempat melihat si burung hantu memakan tikus putih hidup-hidup. Ewww…

Alamat
Taman Mini Indonesia Indah
Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur 13560
Telepon (021) 840 9472

Jam buka
Senin – Jumat : 09.00 – 16.30
Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional : 09.00 – 17.30

Tiket masuk
Gerbang TMII : Rp 9.000,-
Sepeda : Rp 1.000,-
Motor : Rp 6.000,-
Mobil : Rp 10.000,-
Taman Burung : Rp 13.000,-

Kebun Binatang Ragunan

Meskipun kebun binatang ini nggak pernah sepi sewaktu liburan sekolah, Kopling yakin banyak dari teman-teman yang lebih sering ke Taman Safari daripada ke sini. Hey, Kebun Binatang Ragunan ini bagus loh! Selain menyehatkan karena areanya luas banget buat kita jalan kaki, isi di dalamnya juga menarik banget. Di Ragunan kita sudah pasti bisa melihat hewan-hewan yang ada di kebun binatang pada umumnya seperti: burung pelikan, gajah, komodo, reptil, jerapah, beberapa jenis ikan, dan lainnya. Tapi yang paling menarik adalah Pusat Primata Schmutzer, yang tidak lain adalah tempat pelestarian primata yang eksklusif dan edukatif. Tempat ini berada di pojok tersendiri dan diisi oleh beragam jenis primata. Kalau masuk ke dalamnya kita seperti berada di hutan sungguhan!

Alamat
Jl. R.M. Harsono No 1 Ragunan
Telepon (021) 782 0015, 789 015

Jam buka
Senin – Minggu : 09.00 – 17.00

Harga tiket
Dewasa : Rp 4.500,-/orang
Anak-anak : Rp 3.000,-/orang
Pusat Primata Schmutzer : Rp 5.000,-/orang

 

Yak! Itu tadi beberapa tempat di Jakarta yang Kopling rekomendasikan untuk kamu kunjungi weekend ini. Kalau dipikir-pikir, harga tiket masuk ke tempat-tempat tadi tergolong murah ya. Kadang suka bertanya-tanya, gimana bisa bertahan kalau harga tiketnya semurah itu, wong yang dateng aja juga palingan sedikit. Gak heran sih kualitasnya segitu-segitu aja. Namun, terlepas dari segala kekurangannya, tempat-tempat tadi adalah beberapa di antara banyak kekayaan kota Jakarta yang patut kita lestarikan. Jadi sesekali luangin waktu kamu untuk mengunjungi tempat-tempat seperti di atas seru juga loh. Cobain deh.

 

About author

Non ARTkademik

Ini dia pameran karya non akademik mahasiswa UMN. Mungkin bosen juga yah kerjain tugas kuliah melulu.. Jadi lahirlah acara pameran ini yang dibuat oleh KACAUVISUAL. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official