Ternyata Dunia Ini Nggak Seram

Apa yang ada di kepala kita, ketika kita mendengar kata “buas” atau “liar”? Bukan hal-hal yang menyenangkan sepertinya. Kita mungkin akan jadi membayangkan binatang-binatang liar di hutan, kematian, kesedihan, ketakutan, dan hal-hal yang nggak menyenangkan lainnya. Padahal, dalam setiap ketidaknyamanan, ada keindahan tersendiri di sana. Setidaknya, rasa nyaman itu nggak akan ada tanpa rasa nggak nyaman. Ya kan?

amy_dover_1

Amy Dover, seorang ilustrator yang berasal dari Inggris, dapat menangkap kegelisahan-kegelisahan ini dengan sangat baik dan menuangkannya ke dalam goresan-goreng pensilnya di atas kertas. Amy mengeksplorasi keinginan sejati yang jujur dari bangsa manusia dan binatang, dan menggabungkannya dengan kisah-kisah tradisional. Melalui karakter-karakternya yang gelap, dengan nada yang melankolis, Amy mengundang para penikmat karyanya untuk memasuki sebuah dunia baru, yang di dalamnya ada tantangan untuk memandang persepsi yang selama ini dalam kepala kita menjadi sesuatu yang baru.

Karya-karya Amy diinspirasi oleh masa kecilnya. Amy tumbuh di sebuah desa kecil di utara Inggris, dan Amy kecil sering bermain di dalam hutan, juga membaca cerita-cerita rakyat, mirip seperti Edwin Ushiro, tapi dengan cara implementasi yang berbeda. Alamlah yang menjadi inspirasinya, selain kecintaannya terhadap lukisan-lukisan era Victoria dan sejarah. Bukan hanya itu, Amy juga penyuka musik dan puisi. Bayangkan ketika semua unsur itu tergabung menjadi serangkaian lukisan!

Amy Dover sudah sering mengadakan pameran sejak tahun 2008 – saat dia baru lulus pada musim panas di tahun itu – baik dalam kelompok maupun pameran solo dan dunia internasional sudah mengakui keberadaan dan karyanya. Amy sangat menaruh perhatian terhadap detil ketika melukis dengan pensil. Gambar memang lebih banyak berbicara dibanding ribuan kata, dan itu yang kita rasakan ketika melihat karya Amy.

amy_dover26600_844

amy_dover15600_852

amy_dover4600_848aSisi-sisi gelap alam yang liar, dalam dunia yang tersembunyi, manusia dan binatang, semua mempunyai keindahan yang selintas terkesan menakutkan. Amy seolah-olah ingin mengatakan bahwa bahkan kematian pun punya “perasaan”. Seperti itulah kira-kira.

Kematian dan liarnya alam nggak perlu membuat kita merasa takut. Coba kita belajar melihat sisi lainnya, bahwa tanpa kematian nggak akan ada hal baru yang akan lahir. Tanpa kebuasan nggak akan ada kelemahlembutan.

Bisakah kita melihatnya dengan cara seperti itu? Coba melihatnya dengan mata hati kita, nanti kita dapat mengerti, bahwa dunia ini nggak seseram yang kita duga. Jadi, untuk apa takut?

Website: amydover.com
Twitter: @AmyDoverDraws

Hati-Hati Dengan Krimer Kopi!

Salah satu alasan mengapa orang minum kopi adalah karena kopi dapat meningkatkan daya konsentrasi. Selain itu, seperti yang pernah Kopling bahas dulu, kopi itu obat ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official