Kisah Irish Coffee

irish coffee

Banyak orang yang menduga bahwa Irish Coffee (atau disebut dengan nama Caifé Gaelach dalam bahasa Irlandia) adalah minuman yang usianya sudah berabad-abad, dan biasa kita membayangkan bahwa orang-orang Irlandia menikmati minuman ini di sekitar perapian dalam rumah mereka atau di pub. Tapi ternyata minuman ini baru lahir sekitar Perang Dunia II, ketika sebuah pesawat udara yang membawa para penumpangnya terbang dari Amerika menuju Port of Foynes di County Limerick, Irlandia.

Di tengah udara yang lembab itu, biasanya secangkir teh atau kopi disajikan kepada para tamu saat mereka mendarat, tapi ternyata tidak cukup kuat untuk menghalau rasa dingin. Adalah Brendan O’Regan, sang manager catering di resto di bandara itu yang menyuruh kepala chef, Joe Sheridan, untuk membuat ide baru. Sheridan mencampur kopi dengan whiskey untuk menghangatkan para penumpang yang menggigil kedinginan. Mereka mengira yang disuguhkan adalah kopi Brazil, tapi Sheridan menjawab, “Bukan. Ini Irish Coffee.” Dan lahirlah Irish Coffee yang pertama di dunia.

Tapi, ternyata ketika itu rasanya dianggap belum sempurna.

Buena Vista Cafe di San Fransisco

Suatu malam di bulan November pada tanggal kesepuluh di tahun 1952. Udara di luar dingin. Jack Koeppler, seorang pria Irlandia yang kemudian menjadi pemilik Buena Vista di San Francisco, menantang seorang penulis kisah-kisah perjalanan, Stanton Delaphane, untuk menolongnya menciptakan kembali “Irish Coffee” yang pernah disajikan untuk para tamu di Shannon Airport, Irlandia. Undangan diterima, dan mulailah keduanya bereksperimen.

shannon airport

Semalam-malaman keduanya mengaduk dan mencicipi ramuan yang mereka buat, dan mereka tak kunjung menemukan ramuan yang tepat. Namun mereka tak juga putus asa dan terus mencoba. Akhirnya Irish Coffee dari Buena Vista pun akhirnya terkenal di seluruh dunia.

Tapi apakah Irish Coffee itu sebenarnya? Tak lain adalah campuran kopi panas, Irish whiskey, dan gula yang diaduk rata, dan atasnya diberi krim yang tebal. Kopinya harus diminum melalui krim tersebut, dan Irish Coffee yang tulen sebenarnya tidak menggunakan whipped cream, tapi sekarang ini demi alasan kepraktisan, kebanyakan Irish Coffee dibuat dengan whipped cream.

Penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah?
1. Panaskan kopi kental, lalu tuangkan dalam gelas atau cangkir yang bening, yang sudah diisi whiskey atau bourbon. Kalau kurang manis, tambahin gula sesuai dengan selera.
2. Tuangkan satu sendok besar krim kental sampai seluruh permukaan kopi tertutup.

Selamat mencoba!

Kopi Kapulaga di Hari Lebaran

Buat kamu yang suka masak, pasti nggak asing lagi dengan sebuah jenis rempah yang namanya “kapulaga”, atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan nama “cardamom”. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official