Art

Seniman ini Ciptakan Spesies Baru di Muka Bumi

0

Theo Jansen adalah seorang seniman dengan otak ilmuwan. Ia berhasil menciptakan “makhluk” yang terbuat dari pipa PVC dan bisa “hidup” hanya dengan bantuan tenaga angin di sekitarnya. Makhluk buatan Jansen bernama Strandbeest. Ia bebas bergerak di wilayah pantai sekitaran rumahnya di Belanda.

Jansen menghabiskan waktu 24 tahun untuk mengembangkan Strandbeest yang ia sebut sebagai “spesies baru di muka bumi”. Ide awalnya datang saat ia menulis sebuah kolom di koran tentang mencari cara untuk mencegah erosi bukit pasir di Belanda. Idenya adalah mungkin ia bisa membuat sebuah makhluk di pantai, yang digerakkan oleh angin, dan dapat mengumpulkan pasir untuk membangun bukit. “Ini adalah cara untuk menyelamatkan Belanda agar tidak tenggelam di Laut Utara yang semakin tinggi,” ujar Jansen.

Ia kemudian membangun mesin menggunakan tabung plastik dari toko-toko Do It Yourself (DIY) dan lupa dengan tujuan awal membuat “beest”. Malah, Jansen jadi tertarik dengan kemungkinan menciptakan spesies baru hewan buatan manusia. Lihat saja gerakan Strandbeest di video berikut. Benar-benar seperti hidup!

 

Featured image: inhabitat.com

About author

No comments

Arya Mularama aka Gogoporen

Arya Mularama a.k.a Gogoporen, seorang ilustrator yang merangkap sebagai art director. Rama menyukai ilustrasi sejak kecil. Ketertarikannya terhadap ilustrasi bermula dari hobinya menonton kartun Jepang, Dragon Ball. ...