Art

Seni Memposterkan Film

0

Film, film, film. Terlalu banyak kenangan yang disimpan setiap kali kita nonton film, baik kenangan pas nonton filmnya (kencan pertama, mungkin), juga cerita filmnya. Dan film juga sering jadi bahan inspirasi buat karya-karya seni lainnya, seperti film lainnya atau mungkin juga lukisan.

Masih ingat Oscar 2013 yang belum lama berlalu? Apa film favorit kamu di daftar nominasi mereka? The Academy of Motion Picture Arts and Sciences bekerja sama dengan Gallery1988, sebuah galeri seni di Los Angeles membuat pameran yang judul “For Your Consideration”. Poster-poster itu nggak buat dijual, tapi buat dikasih secara gratis ke 100 pengunjung galeri itu saat pameran berlangsung.

The Academy dan Gallery1988 membentuk sebuah kelompok seniman muda dari seluruh dunia untuk ngebuat lukisan-lukisan yang idenya diinspirasi film-film yang menang di Oscar. Beberapa film yang dibuatin posternya antara lain:

Les Miserables (Phantom City Creative)

Phantom City Creative ini memang sering banget bikin poster-poster, baik poster film layar lebar maupun poster film serial di televisi. Uniknya, poster yang filmnya dibuat sama Tom Hooper ini nggak make Fantine yang diperanin sama Anne Hatheway seperti yang dibuat di kebanyakan poster Les Miserables, tapi malah make muka Jean Valjean (Hugh Jackman) yang lagi nangis darah…

Lincoln (Jeff Boyes)

Film buatan sutradara yang paling keren, Steven Spielberg, ini dibuat oleh Jeff Boyes dengan gambar dan warna yang berani dan patriotik. Jeff juga udah ngebuat beberapa poster film buat film serial di teleisi seperti Lost, Breaking Bad, dan Modern Family.

Life of Pi (Tom Whalen)

Ang Lee menang Oscar untuk kedua kalinya gara-gara film ini. Pembuat poster film ini, Tom Whalen, juga pernah bikin poster Star Wars, Transformers, dan masih banyak lagi.

Di luar hingar bingar Oscar tahun ini, juga ada satu nama di dunia perfilman yang terkenal yang udah bikin lumayan banyak film keren. John Hughes, namanya. Gallery1988 yang di Venice CA juga pernah bikin pameran poster buat John di tahun 2011 dan judul pamerannya adalah “The Road to Shermer, a tribute to John Hughes”.

The Road to Shermer, a Tribute to John Hughes

Disebut “tribute” karena memang sutradara, produser, dan penulis screen ini sudah meninggal pada tahun 2009 yang lalu dalam usia 59 tahun. Film-film karya John yang paling kita kenal mungkin serial “Home Alone”.

Nah, mungkin yang paling unik adalah karya seni yang dibuat dari 8.000 batang tusuk gigi ini.

Drive (Mark Nors Amesen)

Lukisan ini dibuat sama seorang seniman asal Denmark, Mark Nors Amesen, berdasarkan film “Drive”. Film Hollywood ini memang sutradaranya orang Denmark, Nicholas Winding Refn. Mungkin karea itu Mark milih film ini yang jadi bahan inspirasi buat karya seninya.

 

By the way, yang namanya inspirasi itu bukan ngejiplak kan ya? Orang yang kreatif itu nggak akan jadi plagiator. Sedihnya, banyak poster film di Indonesia yang miriiiiiip banget sama poster film asing. Nggak percaya? Ini beberapa di antaranya:

Makanya, yuk semuanya! Kita juga punya potensi buat karya seni yang keren dengan ide sendiri. Kita pasti bisa, bahkan bisa lebih bagus dari poster-poster di atas, asal kita mau. Kalo hal sepenting poster film aja kita ngejiplak orang lain, kapan perfilman Indonesia lebih diperhitungkan sama dunia internasional dong?

Yuk kita belajar buat bikin ide sendiri, dan nggak cuma nyuri ide!

About author

No comments