[OPEN SUBMISSION] Eksemplar Jilid 1

0

Sudah sejak lama seni grafis digunakan untuk menyampaikan ide-ide sekaligus mendokumentasikan catatan sejarah penting. Sebut saja karya 36 Pemandangan Gunung Fuji oleh Katsushika Hokusai yang hingga kini masih dikenal dan bahkan dipamerkan.

Ide yang dibalut dengan eksplorasi teknis sang seniman membuat karya seni grafis memiliki gaya yang sangat khas. Kemampuannya untuk diduplikasi, membuat seni grafis mampu menyampaikan ide-ide ke khalayak yang lebih luas ketimbang (misal saja) seni lukis.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini peran printmaking mulai tergantikan oleh digital printing. Kemudahan yang ditawarkan oleh digital printing membuat minat untuk eksplorasi teknis seni grafis menurun. Namun demikian, tidak sedikit juga pelaku seni grafis yang tetap setiap berkarya menggunakan ragam metode ini.

Di penghujung tahun 2015 ini, Kopi Keliling berkolaborasi dengan teman-teman dari GRAFIS HURU HARA ingin mengajak kamu semua untuk mengirimkan karya yang menggunakan teknik screen printing dengan persyaratan sebagai berikut:

– Mengisi formulir pendaftaran di bawah ini:

– Mengirimkan karya dalam bentuk file digital dengan ketentuan sebagai berikut:

  • File vector (contoh: .ai)
  • Ukuran karya 20 cm x 30 cm
  • Boleh portrait/landscape
  • Boleh karya lama
  • Maksimal 3 warna
  • Sertakan judul dan penjelasan karya serta referensi (bila ada) dalam bentuk .doc/.docx

– Kirimkan juga CV dan portofolio
– Batas pengumpulan karya: 7 November 2015
– Seluruh dokumen di-email ke eksemplar1@gmail.com

 

Catatan:
Di Pameran Eksemplar Jilid 1 ini, Kopi Keliling bekerja sama dengan GRAFIS HURU HARA untuk bersama-sama mengkurasi seluruh karya yang masuk dan mendukung proses pencetakan karya.

Tidak ada tema khusus untuk pameran ini, namun karya WAJIB merekam fenomena-fenomena menarik yang terjadi saat ini, apa pun itu. Bisa sesuatu yang sedang menjadi santapan pop culture di Indonesia, tokoh atau karakter (bisa asli maupun imajiner), politik, atau bahkan eksplorasi teknis seni grafis itu sendiri sebagai respon skena seni rupa atau ilustrasi Indonesia.

Selamat berkarya!

OpenSub_eksemplar

About author

No comments

Bincang Sejarah dan Seni oleh Yerry Wirawan

Proyek Seni Penelitian Sejarah Beyond Prawirotaman, Dari Prajurit, Batik hingga Kedai Pizza, mengundang rekan-rekan untuk hadir dalam: Bincang Sejarah dan Seni Metode penelitian sejarah lokal, ...