Kopi dan Selebriti

0

Selebriti punya branding mereka tersendiri yang kadang harga jualnya di luar akal sehat. Tapi selama itu untuk tujuan yang baik dan mulia, bukan untuk sekedar pamer atau sombong menyombong sih sah-sah aja. Bagus, malah.

Salah satu kejadian yang lagi rame banget dibahas di dunia perkopian adalah lelang yang dibuat sama CharityBuzz untuk mengumpulkan dana bagi Justice and Human Rights. Apa sih yang dilelang? Kopi? Atau cangkir kopi?

ngopi bareng CEO Apple Tim Cook

Bukan. Yang dilelang adalah acara ngopi bareng CEO-nya Apple, Tim Cook. Lelang itu dimenangkan oleh seseorang yang nggak mau disebutin namanya dan berhasil laku “terjual” dengan harga $160.000. Fantastis ya angkanya. Angka ini mirip sama lelang sebuah mobil Lamborghini Aventador yang laku terlelang di harga yang sama. Harga lelang tertinggi di bawah itu adalah sebuah lukisan cat minyak karya seorang pelukis asal Columbia Fernando Botero yang laku terlelang seharga $340.000 bulan November yang lalu.

Kalo kamu merasa $160.000 untuk bisa ngopi bareng Tim Cook itu berlebihan, itu sebetulnya belum seberapa dibanding dengan harga lelang makan siang berdua dengan Warren Buffett yang “terjual” dengan harga $3,45 juta tahun lalu. Luar biasa.

Jadi siapa sih orang-orang yang udah nge-bid untuk ngopi bareng Tim Cook? Mereka adalah orang-orang yang memang bergerak di bidang IT, pembuat aplikasi, atau pembuat headset Bluetooth.

Beberapa selebriti lainya sempat menjadi berita juga tahun lalu sehubungan dengan kopi dan penggalangan dana. Salah satu dari mereka adalah Hugh Jackman yang memuat perusahaan kopi dan teh dan seluruh keuntungannya digunakan untuk charity.

Hugh Jackman membuat Laughing Man & Coffee untuk amal

Jackman mengaku dirinya terinspirasi oleh Paul Newman yang memang sering memberi donasi kepada orang-orang yang membutuhkan, tapi selain itu karena Jackman adalah seorang pencinta kopi. Jackman sedikitnya minum 1-2 cangkir kopi setiap hari, meskipun dia pinginnya bisa lebih dari itu. Dengan membuka bisnis di bidang kopi, Jackman bukan hanya bisa menikmati kopi yang rasanya sesuai sama keinginannya, tapi juga bisa memberikan sumbangan pada orang lain.

Keputusan Jackman berawal saat dia diangkat sebagai Duta World Vision yang bergerak di bidang anak-anak dan keluarga. Di Ethiopia, dia sempet ketemu sama seorang petani kopi lokal yang curhat gimana susahnya jadi petani kopi. Jackmanpun tersentuh hatinya.

Perusahaan Hugh Jackman dikasih nama “Laughing Man Coffee & Tea”, dan 100% keuntungannya dijadikan donasi. Untuk siapa? Untuk pendidikan anak-anak yang kurang mampu di New York juga di daerah-daerah yang terjangkau World Vision.

Leo membuat LYON untuk amal

Bukan cuma Jackman. Leonardo DiCaprio juga ikutan jualan kopi yang dikasih merk “LYON” dan keuntungannya disumbangkan untuk proyek-proyek lingkungan hidup. Putri dari Paul Newman, Nell Newman, juga membuat kopi yang hasil keuntungannya disumbangkan untuk proyek-proyek sosial dan lingkungan hidup.

Kopi adalah sebuah instrumen yang dapat mendekatkan manusia untuk kemanusiaan. Membeli kopi yang dijual para selebriti nggak hanya mengangkat nama si seleb itu, tapi juga artinya membantu 25 juta keluarga di seluruh dunia yang hidupnya tergantung pada tanaman yang nggak terlalu gampang diurus yang bernama kopi.

No comments