Kopi & Produktivitas, Mitos atau Fakta?

0

Mari kita sambut tahun baru dengan segala sesuatu yang baru dan positif! Gimana kalau di tahun 2015 ini kita memulai kebiasaan baru supaya lebih semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari? Kalau resolusi kamu di tahun ini adalah bekerja dan berkarya dengan lebih produktif, maka kopi dapat dijadikan salah satu alternatif jawabannya. Riset menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi dengan benar, produktivitas seseorang bisa meningkat. Nah, bagaimana sih caranya menikmati kopi yang benar itu? Kita simak, yuk!

Minumlah kopi di waktu yang tepat

Setiap harinya, 63% dari penduduk Amerika Serikat mengkonsumsi kopi di pagi hari untuk menemani mereka menyelesaikan pekerjaan. Angka yang mirip mungkin juga dimiliki oleh penduduk Indonesia, terutama di kota-kota besar. Tetapi belum banyak yang tahu, kalau kamu ingin meningkatkan produktivitas kamu secara pesat, kamu harus mengonsumsi kopi pagi kamu di waktu yang tepat.

Tubuh manusia secara alami melakukan proses caffeinate terhadap dirinya di waktu-waktu tertentu sepanjang hari dengan menggunakan kortisol. Apa sih kortisol itu? Kortisol adalah hormon steroid yang dikeluarkan oleh tubuh manusia sebagai respon dari stress dan kadar gula darah yang rendah. Kadar tertinggi kortisol dalam tubuh manusia terjadi di pagi hari, sekitar pukul 7 pagi, di tengah hari, tepatnya pukul 12 siang, serta di petang hari, sekitar pukul 6 sore.

Kalau kamu mengonsumsi kopi pada saat tubuh sedang memproduksi kortisol, hasilnya adalah reaksi toleran dan pengurangan efek minum kopi secara perlahan. Akibatnya kopi tidak secara efektif membantu meningkatkan produktivitas kamu. Jadi, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kopi, sebaiknya kamu mengonsumsi minuman ajaib ini di waktu antara puncak produksi kortisol, yakni sekitar pukul 09.30 hingga pukul 11.30 sebagai refresher setelah pagi yang sibuk, serta antara pukul 13.30 hingga pukul 17.00, di periode setelah makan siang dan sesaat sebelum pulang kerja.

Dengan mulai membiasakan diri mengonsumsi kopi di waktu yang tepat, dijamin hari-hari kamu di tahun 2015 ini akan menjadi semakin produktif.

Kopi dapat meningkatkan kecepatan, bukan bakat

Kopi sudah terbukti ampuh untuk menjadi stimulan produktivitas kerja, namun seringkali minuman ini disalahartikan dan dianggap sebagai creativity-booster. Daripada kopi yang kamu minum sia-sia karena ekspektasi yang salah, di tahun yang baru ini, kamu perlu menanamkan pemahaman bahwa kopi baru efektif untuk meningkatkan produktivitas untuk aktivitas-aktivitas yang kuantitatif, bukan yang kualitatif.

Penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan yang berulang seperti data entry mendapatkan manfaat yang paling banyak dari konsumsi kopi. Nah, jika kamu membutuhkan suntikkan tenaga untuk membalas ratusan email dalam waktu satu jam, kopi adalah jawabannya. Namun jika kamu butuh inspirasi untuk menjadi kreatif, sebaiknya kamu cari stimulan yang lain.

Nah, setelah tahu gimana cara meminum kopi yang benar, ayo mulai menjadikannya kebiasaan positif di tahun baru ini. Dengan mengoptimalkan manfaat kopi yang dikonsumsi setiap harinya, kamu bisa menjadi individu yang lebih produktif dalam bekerja dan berkarya di tahun 2015 ini.

Selamat bekerja dan berkarya!

Salam sruput!

No comments