Art

Tutorial: Cara Menggambar Tangan

Dalam menggambar, mungkin tangan adalah salah satu bagian yang paling penting. Karena tangan dapat menentukan emosi sebuah gambar. Tentu bentuk tangan akan berbeda ketika berdoa, menunjukkan kekaguman, bersedih, dan antusiasme, tangan kita membuat ekspresi dari pikiran kita. Tangan juga bahasa internasional dari tubuh yang bisa berbicara lebih jelas dibanding kata itu sendiri. Makanya, penting bagi seorang pelukis memperhatikan bentuk tangan dari sebuah gambar.

source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

Selain mengartikan gerakan, penggambaran tangan juga akan memperlihatkan kemampuan menggambarmu. Memang agak sulit sih menggambar tangan, terlebih lagi ruas-ruas yang mesti disesuaikan dengan gerak tangan yang kita maksudkan. Nah, artikel kali ini Kopling akan ajak kalian mempelajari cara menggambar sebuah tangan. Mungkin bisa disebut mudah kalau kamu mempelajarinya secara giat.

1. Master Copy Work

tahap pertama source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

tahap pertama
source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

Cara awal yang dapat kamu lakukan untuk melatih membuat sketsa tangan adalah dengan melihat gambar dari para ahli. Ada beberapa buku yang Kopling rekomendasikan. Buku ini juga menjelaskan tentang anatomi artistik. Sebab menggambar tangan seringkali membingungkan dan kita sulit menemukan bentuk yang ideal. Buku-buku tersebut adalah Burne Hogarth’s Dynamic Figure Drawing dan Goerge Bridgman’s Complete Guide to Drawing from Life.

2. Anatomy study

tahap 2 source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

tahap 2
source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

Membuat sketsa tangan tidak hanya sekadar menggambar, tapi ada struktur anatomi yang harus kamu pelajari. Tentang saraf-saraf yang ada pada permukaan tangan, sehingga kamu memiliki bayangan tentang tangan itu sendiri. jika kamu telah mempelajari anatomi, kamu akan peka terhadap otot-otot yang terdapat pada tangan sehingga sketsa kamu akan lebih mirip aslinya.

3. Drawing from life

tahap 3 source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

tahap 3
source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

Menggambar sketsa biasa dimulai dengan sebuah gambar abstrak. Tentu abstrak di sini sudah kamu bentuk menyerupai tangan. Dari abstrak inilah kita coba semakin membuat rupa tangan yang makin lama makin mirip dengan penebalan atau pengulangan garis sehingga terbentuk sebuah tangan yang proporsional.

4. Combining methods

tahap 4 source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

tahap 4
source: http://www.artistsandillustrators.co.uk/

Dari ketiga langkah di atas, mulailah mengombinasikan semua. Dimulai dari meniru gambar tangan para ahli, mempelajari anatomi, sampai membuat sketsa. Hasilnya adalah tangan yang menyerupai sempurna. Di proses ini kamu harus teliti membuat jari-jari, telapak, dan pergelangan tangan. Dan peka terhadap bayangan yang akan ditimbulkan.

Menggambar adalah sebuah proses. Orang sekelas Picasso pun pasti gambarnya pernah jelek, tapi karena latihan rutin dan sungguh-sungguh, menggambar menjadi biasa dan kitapun terlatih.

Tetap semangat. Semoga tahap-tahap yang Kopling berikan bisa membantu kamu!

About author

Pilih yang Banyak Aturan Atau Nyantai?

Udah beberapa kali Kopling ngajak kamu jalan-jalan ke tempat-tempat kopi yang unik di dunia di sini juga di sini, dan sepertinya tempat-tempat seperti itu memang ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official