Art

Tips Melukis Anggur dengan Cat Air

Kali ini Kopling kembali lagi dengan tutorial melukis menggunakan cat air. Objek yang akan digambar adalah kebun anggur. Warna anggur yang beragam dari hijau sampai ungu sering kita jumpai di kebun anggur. Warna-warnanya menggugah hati seolah ingin dipetik walaupun belum matang.

Tutorial ini dibuat oleh Jennifer Branch, orang yang sudah sering memberikan tutorial melukis di Youtube. Ia membuat tutorial ini dengan sketsa dan foto yang ia ambil saat mengajar di Tuscany, Watermill, Posara. Sewaktu di Italia, ia mengakui banyak menemukan objek yang bagus jika dilukis, namun karena sebagai ibu yang baik ia lebih mementingkan anaknya. Nah, tutorial melukis anggur ini ia lakukan di sela kegiatannya mengasuh anak. Dan ia senang melakukan hal seperti ini. Yuk kita mulai.

Step 1

Grapevines-1

Mulai dengan memberikan warna cadmium yellow di bagian bayangan. Lalu, teteskan warna pthalocyanine green dicampur dengan azo yellow. Ini akan memberi warna emas yang menyala di latarnya. Buat latar seolah penuh daun dengan anggur hijau.

Step 2

Grapevines-2

Ketika masih basah, teteskan brown-red maroon perylene. Ini akan memunculkan warna burgundy pada anggur, warna yang hangat jika dibandingkan dengan foto aslinya. Bisa juga kamu membuat cipratan dengan air biasa lukis sekitar.

Step 3

Grapevines-3

Tambahkan warna quinacridone red, ini akan membuat inti dari anggur bersinar. Quin red ini sedikit transparan dan hangat dibanding dengan maroon. Mainkan kuasmu di sini secara perlahan. Setelah semua detil telah diberi warna, tunggu kering.

Step 4

Grapevines-4

Selanjutnya, buat lukisan kita menjadi kontras. Tambahkan warna ultramarine blue ribbon ke dalam kanvas, ini membuat lukisan menjadi lebih terang dan mulai nyambung dengan foto aslinya. Kamu bisa gunakan warna pink purple untuk mencerahkan warna maroon. Untuk menghilangkan bercak-bercak warna, tiap langkah bisa kamu cipratkan dengan air biasa.

Step 5

Grapevines-5

Perhatikan seberapa banyak kamu gunakan ultramarine blue karena ini akan memberi dampak pada warna lain ketika kering. Di tutorial ini, Jennifer menggunakan China Paint. Walaupun memiliki kekurangan, tapi  memiliki dampak yang lain, yaitu mengubah warna secara dramatis ketika kamu melukis.

Step 6

Grapevines-6

Untuk membuat lebih gelap di sisi tengah anggur, tambahkan ultramarine blue dengan campuran merah dan hijau.

Step 7

Grapevines-7

Garis-garis ini akan menyambung. Tidak perlu terlalu detil karena akan mendistraksi warna sekitarnya. Setelah langkah 7 ini beres, kamu bisa melihat hasil lukisan kamu dan memperbaiki kesalahannya.

 

Pada dasarnya, selera pewarnaan dalam melukis bergantung pada diri kamu sendiri, Jennifer hanya membantu memberikan langkah-langkah untuk melukis.

Selamat mencoba!

About author

Dengarkan Suara Mereka

Seni bisa berbicara banyak, nggak cuma tentang sisi personal si seniman, tapi juga suara hati banyak orang yang kurang terdengar. Katie Yamasaki, seorang muralis dan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official