Art

Surat Cinta yang Digunting-Gunting

Umur berapa dulu pertama kali saat kamu mengirim dan menerima surat cinta? Apakah sampai saat ini kamu masih suka menulis dan membaca surat cinta, atau menurut kamu kebiasaan ini sudah usang? Atau… ada nggak sih di antara sekian banyak surat cinta yang pernah kamu terima yang paling berkesan? Bisa jadi karena pengirimnya yang paling melekat di hati, atau juga bisa isi dari surat cinta itu.

ROB-by-jonty

Rob Ryan, paper cutting artist

Di dalam studionya yang mungil di bagian timur kota London, seorang “seniman kertas” sampai saat ini sibuk membuat surat-surat cinta yang nggak ditulisnya dengan komputer, tapi dengan tangannya sendiri. Rob Ryan, kelahiran 1962, memang dikenal sebagai seorang visual artist yang spesialisasinya di bidang seni memotong kertas dan seni mencetak. Karyanya sudah banyak tampil di banyak media bergengsi, seperti majalah Vogye, Elle, dan Stylist. Dia juga pernah berkolaborasi dengan seorang desainer ngetop, Palu Smith.

Selain itu, Ryan juga adalah seorang ilustrator buku dan sampul album. Dia sendiri pernah menerbitkan sebuah buku yang berjudul “This is for You” pada tahun 2007 yang berisikan tentang sebuah dongeng yang diceritakan melalui seni potong kertasnya, dan mengeksplorasi tema cinta dan kesepian.

oweng_portrait

Owen Gildersleeve, paper cutting artist

Pada bulan Juni nanti, seorang seniman yang bergelut di bidang yang sama, Owen Gildersleeve, akan merilis sebuah buku yang berjudul “Paper Cut”, dan Rob menjadi bagian dari buku ini bersama 25 seniman sejenis lainnya dari seluruh dunia, seperti Yulia Brodskaya, Jeff Nishinaka, Chrissie Macdonald, dan Kyle Bean. Karya-karya Rob yang dimasukkan ke dalam buku itu adalah surat-surat cintanya yang Kopling yakin akan membuat siapa pun terpesona ketika membukanya. Seperti surat cinta yang ada di bawah ini, contohnya:

Di surat cinta di bawah ini, Rob menuliskan:

hearta

“I opened my heart to the wind and felt it wrap its arms around me and hold me all day long. I opened my heart to the air and it lifted me up and rushed around me filling me up with life and joy until I thought I might burst. But caught between land sky, caught between one life and another, nothing could ever compare to the day when I opened my heart to you again.”

Surat ini mungkin dibuatnya ketika dia balikan dengan mantan pacarnya dulu ya, atau bisa dengan perempuan yang sekarang menjadi istrinya.

Sementara, surat yang satu ini kalimat terakhirnya sangat dalam. Coba simak deh:

robryan02

“Stars and planets are held in place by the power of gravity and the tiny nucleus of an atom cannot live without its fellow protons and neutrons. The leaf cannot survive away from its tree just as much as the tree needs the soil in which it lives. When the part becomes separated from the whole it withers and dies. If everything in the universe is connected to each other then why not us too?”

Dan juga ada beberapa contoh surat cinta karya Rob yang lainnya, yang akan masuk ke dalam buku itu. Hmmm… kayaknya bukunya bakal keren banget ya? Di Indonesia sayangnya sepertinya belum ada buku untuk orang dewasa yang memanjakan mata penikmatnya seperti ini. Mungkin karena biaya cetaknya yang mahal, nggak ada penerbit yang berani membuatnya, atau mungkin juga seniman kertas memang nggak banyak di sini… Ayo para seniman kertas tunjuk tangan!

Di bawah ini ada beberapa karya Rob Ryan lainnya. Selamat menikmati!

robryan06

robryan05

robryan08

Website: robryanstudio.com
Twitter: @RobRyan_Art

Kisah si Kapur Tulis

Jaman sekarang masih ada nggak sih sekolah yang papan tulisnya pake kapur tulis? Mungkin di daerah-daerah masih banyak ya. Anyway, saking jarangnya liat papan tulis, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official