Art

Seni dari Sampah

Foto dari: wastelandmovie.com

Di tangan seorang seniman hebat nampaknya apapun bisa menjadi karya seni yang luar biasa. Salah satunya adalah Vik Muniz, seorang seniman asal Sao Paulo, Brazil, yang menyulap sampah daur ulang menjadi karya seni yang indah.

Vik Muniz melakukan perjalanan dari tempat tinggalnya di Brooklyn, New York, ke kota kelahirannya, Brazil, dan menuju Jardim Gramacho, tempat pembuangan sampah terbesar di dunia yang berada di pinggiran Rio de Janeiro. Disana Muniz memfoto sekelompok catadores – pemulung benda-benda daur ulang – dan bekerja dengan mereka untuk “melukis” dengan menggunakan sampah.

Foto dari: wastelandmovie.com

Diperkirakan sekitar 3,000 hingga 5,000 orang hidup di Jardim Gramacho, sementara 15,000 orang mendapatkan nafkah dari kegiatan yang berhubungan dengan sampah. Muniz lalu membuat foto wajah berukuran besar dari para pemulung, termasuk Irma, seorang juru masak yang menjual makanan di penimbunan sampah; Zumbi, orang pintar yang menyimpan seluruh buku yang dia kumpulkan; dan anak perempuan berumur 18 tahun bernama Suelem yang pertama kali datang ke Jardim ketika umur 7 tahun.

Foto dari: wastelandmovie.com

Setelah selesai dengan foto wajah serial itu, Muniz lalu membawa salah satu karyanya tersebut untuk ikut dalam acara lelang yang diadakan oleh balai lelang terkemuka Philllipe de Pury di London, dimana akhirnya laku seharga lebih dari 50,000 dollar AS. 100 persen keuntungan dari karya diberikan ke asosiasi pemulung di Jardim Gramacho.

Foto dari vikmuniz.net

Hasil dari kolaborasi dengan karakter-karakter inspiratif dari Jardim Gramacho ini menunjukkan bukti nyata akan kekuatan untuk merubah dari seni dan dampaknya bagi jiwa manusia. Kegiatan ini lalu ditangkap oleh Lucy Walker, seorang sutradara film dokumenter asal Inggris, dalam sebuah film berjudul “Waste Land”.

Difilmkan selama hampir 3 tahun, Waste Land sempat dinominasikan dalam Academy Awards sebagai film dokumenter terbaik tahun 2011. Walau tidak menang, tapi film ini berhasil memenangkan banyak penghargaan lain yang tidak kalah bergengsi, diantaranya di Sundance Film Festival, Berlin Film Festival, dan masih banyak lagi.

Lihat video trailer film Waste Land ini:

 

Artikel oleh: @RaymondMalvin

About author

Mentransformasi Wajah Jadi Lukisan

Pernah nggak kamu membayangkan, gimana seandainya lukisan Mona Lisa yang terkenal itu hadir dalam bentuk 3D dan bukan 2D seperti yang sering kita lihat selama ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official