Art

Potret Manusia Masa Kini

 

Mungkin orang beranggapan kemajuan teknologi merupakan tolok ukur kemajuan peradaban. Tidak salah juga, sih. Ada penelitian yang menyebutkan kalau googling dalam waktu yang tidak berlebihan itu bagus untuk otak, dan kita juga tahu kalau ada banyak banget apps yang berguna untuk melatih kerja otak.

Tapi, selalu ada sisi baik dan buruk sebuah hal, termasuk teknologi. Tidak bisa dipungkiri lagi, kemajuan teknologi juga membuat kita semakin malas dan serakah. Berapa banyak dari kita yang bisa menonton film tanpa sesekali mengintip layar smartphone ketika ia bergetar? Atau, berapa banyak dari kita yang semakin tidak peduli dengan lingkungan dan dibutakan oleh tren-tren yang memerlukan uang banyak?

Seorang ilustrator dan animator yang tinggal di Inggris, Steve Cutts, memanfaatkan karya yang dibuatnya untuk memperlihatkan bagaimana kondisi masyarakat. Ia dengan cermat menerjemahkan apa yang ia liat ke dalam gambar. Rakus, merusak lingkungan, junk food, dan penonton setia televisi, pengguna ponsel, dan sering mengeksploitasi binatang. Hal inilah yang menjadi landasan Cutts, untuk membuat karya-karya satir untuk menunjukkan kepada orang banyak laku hidup yang ada.

Setelah lulus kuliah, ia dihadapkan dengan dua pilihan bekerja pada salah satu restoran atau sekolah seni. Akhirnya ia memutuskan untuk kembali mengambil sekolah seni. Setelah selesai dari sekolah tersebut, Cutts bekerja di Glueisobar sebagai storyboard artist. Ia putuskan untuk menjadi freelancer dengan menjalin kerja sama bersama perusahaan besar seperti Coca Cola, Google, Reebok, Magners, Kellog’s, Virgin, 3, Nokia, Sony, Bacardi, dan Toyota. Dengan pengalamannya yang segudang ini, maka tak heran Cutts memiliki ide cemerlang yang sangat provokatif untuk menggugah hati seseorang.

Ia terkenal dengan video dan ilustrasi tentang potret buruk manusia saat ini. Ia seolah memiliki bahan yang tiada habisnya untuk menggambarkan karyanya karena apa yang ia liat sehari-hari seolah memberikan bahwa insanity of humanity is an endless pool of inspiration. Kegilaan manusia tak ada habisnya, selalu ada saja manusia yang tidak peduli dengan sekitar dan berperilaku seenaknya saja.

Steve mencoba fenomena tersebut melalui karya-karyanya. Seperti yang kamu bisa lihat karya-karya pilihan Cutts di bawah ini:

rat-race

rat-race

the final handshake

the final handshake

recycling

recycling

Artist illustrates modern day life and it's terrifying  Source: Steve Cutts / Via stevecutts.comenhanced-buzz-wide-30322-1440435962-9.jpg

Artist illustrates modern day life and it’s terrifying Source: Steve Cutts / Via stevecutts.comenhanced-buzz-wide-30322-1440435962-9.jpg

monday

monday

jess and roger

jess and roger

fatcat

fatcat

daily bullshit

daily bullshit

circle of life

circle of life

sumber foto: boredpanda.com

Ilustrasi yang ia buat menandakan kegelisahan, stres, dan frustasi dari sekelumit manusia yang mengajak untuk tidak peduli dan memikirkan diri sendiri. Teknologi semakin maju, tapi pola pikir manusia malah semakin ke belakang. “Seolah-olah dunia ini tidak berputar” kata Steve.

Kita tidak mau kan terus-menerus seperti itu?

About author

Kopi dan Film pt.1

Kamu suka menonton film? Ada beberapa film yang pernah dibuat dengan melibatkan kopi. Siapa tau kamu bisa nemu film-film ini di penjual DVD langganan kamu. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official