Art

Potret Kesederhanaan yang Sulit Didapat

Jika kamu menengok sebentar ke belakang untuk melihat bagaimana pilunya seorang anak kecil yang tergeletak di bibir pantai, ia tak tertidur, tapi meninggal. Ia adalah Aylan Kurdi. Anak berumur 3 tahun, adalah potret mengenaskan dari konflik dan perang sipil di Suriah. Aylan akan menjadi ikon baru bagi kepedulian dan seruan kepada dunia agar perang segera dihentikan.

Menjadi pengungsi adalah pilihan rasional bagi mereka untuk melanjutkan kehidupan sambil berharap perdamaian akan datang setelahnya. Tetapi pengungsi itu sendiri adalah juga problematika besar yang terpaksa dihadapi banyak negara-negara tetangga. Mereka terpaksa menerima banjiran pengungsi dari daerah-daerah konflik, baik Suriah dan Irak.

source: pbs.org

source: pbs.org

source: pbs.org

source: pbs.org

Potret miris yang terjadi di Suriah ini lantas dibuat ilustrasinya oleh Molly Crappable bekerja sama dengan penulis dari Suriah, Marwan Hisham (bukan nama asli). Hisham mengirimkan keadaan yang ia tangkap menggunakan telepon genggamnya dan dibuat sketsa oleh Molly.

Ini bukan kali pertama Molly membuat sketsa mengenai kejadian politik sebuah negara. Sebelumnya ia membuat juga kerusuhan yang terjadi di Yunani. Melalui ilustrasinya, ia ingin mempublikasi bahwa ada warga sipil yang berada di zona perang, mereka butuh perlindungan dan kenyamanan.

Terkadang, ketika kita melihat sebuah foto dari kekejaman perang, tetapi luput di luar sana juga ada yang pergi ke pasar membeli sayur, merawat anak, dan menghidupi keluarganya. Melalui ilustrasi inilah, Hisham dan Molly ingin melihatkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan warga sipil saat perang terjadi.

source: pbs.org

source: pbs.org

source: pbs.org

source: pbs.org

Terakhir, melalui fenomena tersebut, pada dunia ia juga ingin berpesan bahwa mereka yang berada di bawah kekuasaan ISIS, tak berarti mendukung gerakannya. Ini hanya karena ISIS telah berhasil menggeser dan mendapat kekuasaan.

Kalau kamu sedang menjalani hidup yang sederhana tapi masih merasa iri dengan sekitar, cobalah untuk lebih berbahagia, karena di luar sana hal-hal yang begitu sederhana saja terkadang masih susah untuk didapatkan. Kapan ya bisa tidak ada lagi peperangan di dunia ini?

About author

Selamat (Menyambut) Halloween!

Tanggal 31 Oktober, banyak orang (terutama mereka yang tinggal di luar sana) mengenakan kostum yang paling menyeramkan untuk merayakan hari Halloween. Dekorasi berwarna oranye dengan buah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official