Art

Pameran Kolaborasi Ai Wei Wei dan Andy Warhol

Setiap dari kita pasti mempunyai idola, entah itu di bidang pekerjaan, atau bidang apapun. Buat kamu para pekerja kreatif, terutama di bidang seni visual, pasti ada setidaknya satu seniman yang kamu idolakan banget dan sangat menginspirasi karya-karyamu. Dan pasti rasanya bakal luar biasa banget ketika kamu bisa berkolaborasi bareng dengan seniman idola kamu untuk bikin suatu karya kan?

Seniman sekelas Ai Wei Wei juga ternyata mempunyai seniman idola nih, dan ternyata seniman idola dia juga seorang seniman yang banyak menginspirasi orang lain. He is Andy WarholYes, seniman dan aktivitas berkewarganegaraan China yang pernah tinggal di New York tahun 1980an ini mengaku kalau ia sangat mengagumi Andy Warhol, dan karya-karyanya cukup banyak terpengaruh dari seniman yang membesarkan aliran seni pop art ini.

Walaupun Ai pernah tinggal berdekatan dengan studio Warhol, tetapi ia belum pernah bertemu dengannya sekalipun secara personal. Ia cuma sesekali melihatnya karena berada dalam satu pameran, seperti waktu Andy Warhol mendatangi pembukaan PS 1. Begitupun Warhol, pada tahun 1982, ia mendatangi China dan memiliki ketertarikan atas negeri panda tersebut. Kamu bisa lihat karya Warhol tentang silkscreen prints of Mao Zedong.

Andy Warhol in Tiananmen Square source: http://www.smh.com.au/

Andy Warhol di Tiananmen Square

Ai in front of Andy's Portrait source: http://www.smh.com.au/

Ai Wei Wei waktu muda berpose di depan potret Andy Warhol

Pose Ai di depan foto Warhol memang menandakan dirinya mengagumi Warhol. Kepergiannya ke New York salah satunya untuk mempelajari karya Warhol. Nama Warhol sendiri mungkin telah dikenali oleh mereka yang nggak menyukai seni, tapi Ai Wei Wei tidak begitu dikenal di luar dunia seni. Sebab Ai telah memicu kontroversi di mana ia mengkritik pemerintahan Tionghoa dan menghabiskan beberapa waktunya di penjara.

Tapi, pernah nggak kamu berpikir jika Ai Wei Wei dan Andy Warhol di masa keemasannya bertemu dan membuat suatu kolaborasi seni? Pasti hasilnya keren banget ya?

Ide untuk menduetkan seniman abad 20 asal New York dengan seniman abad 21 dari Beijing terdengar aneh, tapi pihak galeri mengatakan karya mereka berdua serasi secara alami dan duet kedua seniman ternama ini benar-benar bakal dilangsungkan lho!

Kedua seniman ini sangat berpengaruh. Andy Warhol menciptakan karya ikonik pada akhir abad ke 20 melalui eksplorasi budaya, selebriti, media, iklan, dan politik. Sedangkan, Ai berhubungan dengan isu global di abad 21, termasuk hubungan antara tradisi dan modernitas, peran seseorang di negara, hak asasi manusia, dan kebebasan berekspresi.

Ai telah mendatangi Australia tiga kali, pada pembukaan Asia Pacific Triennial, Biennale of Sydey, dan Sydeny’s Sherman Contemporary Art Foundation. Kamu bisa bayangkan bagaimana kolaborasi karya antara Andy Warhol dengan Ai Wei Wei.

Pada tanggal 15 Desember hingga April 2016 nanti, karya Ai Wei Wei dan Andy Warhol akan dipamerkan di National Gallery of Victoria. Hasil karya mereka akan dipamerkan dalam pameran kontemporer internasional yang pernah diadakan oleh NGV.

Kolaborasi bisa dilakukan kapan saja dengan siapa saja. Seniman ternama, meskipun orangnya sudah tiada, tapi karyanya akan tetap abadi.

Yang punya kesempatan datang ke Australia akhir tahun ini dan mampir ke sini, jangan lupa laporan ke Kopling yah. Hehe…

About author

Sofyan Hidayat

Sofyan Hidayat baru saja lulus kuliah dari Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Yogyakarta. Pria asal Semarang ini sekarang sedang membuat ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official