Art

Origami Bukan Berasal Dari Jepang!

Begini. Kata “origami” memang berasal dari Bahasa Jepang, tapi seni melipat kertas sendiri ternyata bukan berasal dari Negara Matahari Terbit tersebut.

Adalah bangsa Cina yang konon pertama kali menemukan seni melipat kertas atau origami ini. Bukan hanya itu, menurut hasil penelitian, penemu kertas juga seorang pemuda Cina yang bernama Cai Lun pada era Dinasti Han. Pada Abad ke-6, baru para biara Buddha yang membawa kertas ke Jepang.

CRW_4398a-(clear)

Origami Yuan Bao (sumber: livefilestore.com)

Dengan bukunya yang berjudul “The Art of Chinese Paper Folding”, Maying Soong membantu mempopulerkan origami ini di Abad 20. Di Cina, awalnya origami dibuat seperti potongan emas atau yuan bao, dan mulai dikenal orang pada jaman Dinasti Sung (905-1125 Sebelum Masehi). Bukan hanya yuanbao, origami di Cina juga dibuat dalam bentuk makanan, topi, dan perahu.

5582874445_9ec4a7003d_b

Origami kupu-kupu (sumber: photobucket.com)

Menurut referensi yang ada, ada sebuah puisi karya Ihara Saikaku yang ditulis pada tahun 1680 yang mendeskripsikan segerombolan kupu-kupu kertas dalam sebuah mimpi. Origami kupu-kupu digunakan dalam perayaan pernikahan agama Shinto, melambangkan sepasang pengantin. Jadi, diperkirakan origami ini lahir di Jepang pada masa Heian, yaitu tahun 794-1185. Para samurai pada masa itu juga menggunakan noshi (semacam jimat) ketika hendak bertukar hadiah.

Di awal tahun 1990-an, Akira Yoshikawa, Kocho Uchiyama, dan beberapa seniman Jepang lainnya berinovasi dalam seni melipat kertas ini. Dari sana, lahirlah beberapa cabang origami yang jumlahnya sangat banyak dan terus bertambah.

Kirigami_with_business_cards

Kirigami (sumber: wikimedia.org)

Ada kirigami, yaitu seni melipat dan mengguntung kertas. Biasanya, kirigami berbentuk simetris, seperti bunga salju, pentagram, atau bunga anggrek yang sedang berkembang.

origami_kusudama_by_db31415-d5i1hy7-2

Kusudama (sumber: deviantart.net)

Lalu ada juga kusudama, atau seni melipat dan menjahit piramida yang terbuat dari kertas. Berbentuk bunga, kusama memang digunakan sebagai dekorasi atau hadiah.

Untitled-1

Origami pada busana (sumber: stylefrizz.com)

Di masa sekarang, origami sudah semakin berkembang. Beberapa perancang busana bahkan sudah membuat gaun dan pakaian dari orgami ini, seperti yang dilakukan oleh Morana Kranjec dan Jule Waibel di atas.

img

Origami berbentuk kubus kertas (sumber: amazonaws.com)

Karya Jo Nakshima, seorang seniman Brazil berdarah Jepang juga nggak kalan menariknya. “Mainan” di atas terbuat dari 40 kubus kertas, dan karya tersebut terinspirasi sistem kinetik kubus yang diciptakan oleh Erik Åberg.

Kamu bisa belajar banyak tentang seni melipat kertas dari Jo Nakashima melalui YouTube. Banyak sekali tutorial yang dibagikannya di sana, dan semuanya lucu-lucu!

Selamat bermain dengan kertas!

YouTube: jonakashima

Rukmunal Hakim

Saat lulus SMU, Rukmunal Hakim yang saat ini bekerja sebagai full time illustrator sempat bekerja di bidang yang sangat jauh dari seni. Setelah lulus SMU, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official