Art

Napak Tilas ke Dalam Lukisan-Lukisan Besar

Kalau kamu seorang pencinta seni, terlebih seorang pencinta seni yang juga seorang seniman, apalagi kalau kebetulan kamu punya budget khusus untuk berlibur ke negara lain, kepengin nggak sih kamu berkunjung ke tempat-tempat yang ada dalam lukisan-lukisan karya para maestro, seperti di bawah ini?

“Cafe Terrace” karya Vincent Van Gogh

cafe-terracea

Meskipun Van Gogh sebenarnya berasal dari Belanda, tapi dia banyak menghabiskan hidupnya di Prancis. Lukisan ini dibuat di Arles, Place du Forum pada tahun 1888. Tempat ini sampai sekarang masih ada, dan bahkan cafe-nya pun masih ada. Dari situ, kamu bisa berkunjung ke Musee Reattu, sebuah museum seni modern yang menyimpan 2 lukisan Picasso dan beberapa karya lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling di kebun anggur, dan menurut Lonely Planet, beberapa pemandangan di sana juga pernah ada di beberapa lukisan Van Gogh.

“Water Lilies” karya Claude Monet

waterlillies

Subjek lukisan Monet biasanya adalah tempat-tempat yang indah. Salah satunya adalah lukisan ini yang dibuat di rumahnya di Giverny, sebuah tempat di utara Prancis, di tepi Sungai Seine.

Tempat ini letaknya hanya 80 kilometer dari Paris. Rumah dan kebun milik Monet memang dibuka untuk umum. Kamu juga bisa mendaki sebuah bukit di sana dan memandang pemandangan yang biasa dilihat Monet melalui jendela kereta yang dilaluinya.

“A Sunday Afternoon on the Island of La Grande Jatte” karya Georges Seurat

lagrandejatte

Taman ini terletak di Pulau Grande Jatte, dekat Sungai Seine, dekat kota Paris. Tentunya, taman ini sudah agak berubah sejak tahun 1880-an, ketika lukisan ini dibuat.

“Landscape at Port Lligat” dan “Port Lligat Landscape” karya Salvador Dali

portlligat

Meskipun kebanyakan yang dilukis oleh Dali di Port Lligat menggambarkan malaikat dan penunggang kuda yang meniup terompet, tapi tempat ini benar-benar ada. Port Lligat adalah tempat tinggal Dali dan istrinya, Gala, selama tahun 1930 sampai 1982, ketika Gala meninggal di tempat ini. Port Lligat terletak antara Spanyol dan Costa Brava. Tempat yang sebenarnya adalah perkampungan nelayan ini layak untuk dikunjungi karena sangat indah.

“View of Toledo” karya El Greco

view-of-toledo

Sayangnya, saat ini sudah nggak ada lagi gereja dan pemandangan yang sama seperti di lukisan ini, tapi hanya sebuah museum yang didedikasikan untuk Greco. Kalau saja Greco bisa bangkit dari kuburnya, dia mungkin akan sangat kecewa karena bangunan-bangunan yang terletak di tepi Sungai Tagus di Spanyol ini sudah nggak ada. Tapi makanan di tempat ini sangat enak, jadi bolehlah dimasukkan ke dalam bucket list kamu.

Juliana Tjitra

Adalah seorang ilustrator yang suka bermain dengan kepribadian yang berwarna-warni seiring perubahan mood-nya. Dalam karya ilustrasinya akan banyak ditemukan gambar-gambar monster yang terkesan colorful dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official