Art

Misteri Lukisan Mona Lisa Kedua                      

Siapa yang tidak mengenal lukisan perempuan misterius Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci? Ternyata, ditemukan bahwa lukisan Mona Lisa ini punya kembaran!

Mona Lisa kali ini nampak lebih muda dibandingkan lukisan Mona Lisa yang sebelumnya. Pasalnya, lukisan yang dikenal dengan sebutan Isleworth Monalisa ini lebih muda sepuluh tahun dibanding karya Leonardo Da Vinci. Terlebih lagi, misteri lukisan baru ini belum terungkap siapa pelukis sebenarnya.

“Isleworth Mona Lisa,” sebutan bagi lukisan “Mona Lisa” versi muda yang baru-baru ini dipublikasikan oleh Yayasan Monalisa. Setelah 40 tahun tersimpan di dalam lemari Bank Swiss, akhirnya lukisan tersebut resmi diperlihatkan kepada umum di Jenewa, Swiss.

mona lisa di pouvre (kiri) isleworth mona lisa (kanan)

mona lisa di pouvre (kiri)
isleworth mona lisa (kanan)

Setelah diperlihatkan ke umum, lukisan ini banyak menuai perdebatan tentang keaslian atau plagiasi dari Isleworth Mona Lisa. Para ahli mengklaim “Isleworth Mona Lisa” merupakan lukisan yang dibuat Leonardo da Vinci sebelum membuat lukisan “Monalisa” yang terkenal sampai saat ini. The Mona Lisa Foundation mengeluarkan video yanng menjelaskan sejarah, perbandingan, dan bukti ilmiah, serta buku berisi 320 halaman yang membuktikan bahwa lukisan itu merupakan karya seni asli buatan Leonardo da Vinci.

“Bukti sejarah menunjukkan, Leonardo da Vinci meninggalkan potret Mona Lisa yang belum selesai, yang diapit dua kolom sisi,” demikian pernyataan Mona Lisa Foundation.

monalisa

sumber foto: galerimichael.com

Jika ditarik garis horizontal, proporsi mukanya terlihat sama dengan lukisan Mona Lisa asli. Namun, sedikit lebih besar dari versi yang tergantung di Louvre, Isleworth Mona Lisa menunjukan latar belakang yang belum selesai dibingkai oleh dua kolom. Dengan tone yang lebih gelap, menggambarkan seorang wanita muda yang senyumnya “kurang” misterius.

Mata, hidung, jarak antara mulut, dan dagu tepat di lokasi yang sama. Hanya seniman yang sama pula yang mengetahuinya bagamana ini dilakukan tanpa menggunakan memanfaatkan teknologi modern,” kata sejarawan seni Stanley Feldman yang juga penulis buku setebal 320 halaman tersebut.

Untuk mendapatkan perspektif baru, Luke Syson, Pegawai di Metropolitan Museum of Art, New York, mengawasi pameran blockbuster Leonardo da Vinci di London. Setelah itu, ia melakukan analisis terhadap Isleworth Mona Lisa, dan ia setuju bahwa Isleworth Mona Lisa adalah karya Leonardo da Vinci sebelum menghasilkan lukisan Mona Lisa yang magis seperti yang terkenal sekarang. Sementara itu, Yayasan Mona Lisa Foundation terus berusaha meyakinkan bahwa Isleworth Mona Lisa adalah karya lain dari Leonardo da Vinci.

Yang manakah yang kamu percaya?

About author

Tattoo Juga Sebuah Seni

Tato adalah salah satu bentuk seni tubuh yang udah ada sejak jaman Neolitikum. Pada jaman itu, tato bukan dibuat buat “bagus-bagusan”, tapi untuk pengobatan, yang ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official