Art

Mirror Culture: Mendaur Ulang CD Bekas jadi Instalasi Seni

Di saat orang-orang mendengarkan lagu di Soundcloud atau Youtube lewat smartphone mereka, apakah kamu termasuk salah satu orang yang masih suka mendengarkan lagu menggunakan CD? Seiring dengan perkembangan teknologi, popularitas CD memang sudah jauh berkurang, terbukti dengan ada beberapa toko musik yang tutup akibat penjualan yang menurun drastis. Tapi, hal ini bukan berarti CD tidak ada gunanya lagi.

Alih-alih mendaur ulang CD lama mereka, arsitek dari Bignatov Studio terinspirasi untuk mengubah elektronik tua mereka menjadi proyek seni komunitas di Varna, Bulgaria.

Bersama dengan 128 relawan, mereka menciptakan mirror culture, instalasi yang digunakan untuk kampanye Varna sebagai ibukota yang berbudaya pada tahun 2019. Berkat usahanya ini, Varna telah lolos tahap praseleksi.

source: design-milk.com

source: design-milk.com

source: design-milk.com

source: design-milk.com

source: design-milk.com

source: design-milk.com

Dalam proyek ini, Bignatov mengumpulkan kurang lebih 6.000 keping CD dan mengikatnya pada jaring yang telah dibuat. Jaring ini digantung di pintu masuk Seaside Garden. Selama musim panas kemarin, instalasi seni ini telah dilihat oleh 50.000 pengunjung. Proyek ini secara tidak langsung juga melibatkan masyarakat dengan 128 relawan.

Hasilnya, kaca dari balik CD mampu memainkan cahaya matahari kemudian merefleksikan sinar ke berbagai arah sesuai dengan tiupan angin. Objek ini sangat eye-catching, apalagi kalau kamu terkena sabetan sinar yang dihasilkan. Kamu akan penasaran dan langsung mendatangi instalasi seni ini.

source: design-milk.com

source: design-milk.com

source: design-milk.com

source: design-milk.com

Ignatov mengakui bahwa proyek ini berbeda dengan karya arsitekturnya yang lain. Ia tak percaya hasilnya akan menjadi perhatian banyak orang. Ada banyak banget memang hal yang bisa kita lakukan dengan benda-benda yang dianggap sudah kuno atau tidak ada gunanya lagi, asalkan kita bisa berpikir kreatif. Meskipun bukan melulu hasilnya akan dalam bentuk uang, tapi bisa mempercantik bagian-bagian dari kota kita kan?

Kalau instalasi ini diterapkan di Indonesia kira-kira cocoknya ditempatkan di mana ya? Di pelataran Monas mungkin lebih tepat. Melihat lapang yang luas dan paparan sinar matahari yang datang bisa memantulkan sinar-sinar dari CD. Terlebih lagi, Monas adalah salah satu tujuan wisata, pasti akan banyak yang datang ke sana.

Kamu mau coba?

About author

Barista Official Trailer 1 (2015)

Dikirimin link ini sama seorang teman. Film dokumenter berjudul “Barista”, dari yang buat film dokumenter “Jiro Dreams of Sushi”. Menurut info dari sini film ini akan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official