Art

Investigasi Ruang dan Waktu

“I consider that we live nowadays in a constant exchange between the real and the virtual.”
– Jung-Yeon Min

Jung-Yeon Min adalah seorang pelukis yang saat ini bertempat tinggal di Paris. Dilihat dari namanya, dugaan kamu memang benar, Min memang berdarah Korea. Setelah lulus dari Hongik University di Seoul, dirinya meneruskan pendidikan seni di Ecole Nationale Superieur des Beaux-Arts. Dan karyanya telah dipamerkan hampir di seluruh benua Eropa dan Asia.

Apa yang membuat karya Min berbeda dari karya para seniman lainnya sampai bisa diterima oleh pencinta seni dari dua benua itu? Antara lain adalah karena kemahirannya untuk mengawinkan keindahan budaya barat dan timur, dan inilah yang mengundang para penikmat karyanya untuk bereksplorasi dunia seperti yang dilihat dari mata Min. Indah, sekaligus menyeramkan.

minjungyeon1 minjungyeon2 minjungyeon7 minjungyeon10

Beberapa karya Jung-Yeon Min yang menggambarkan kesan surealisme di dalam setiap karyanya (sumber: ning.com)

Menurut Min, gayanya dalam melukis adalah surealisme modern. Dalam setiap karyanya, ada seorang sosok yang kecil di sana. “Orang dalam lukisan-lukisan itu seringkali adalah diriku sendiri, karena aku adalah satu-satunya orang yang paling mengerti postur yang tepat untuk digunakan dalam karya seninku. Selain itu, karena lukisan-lukisanku menceritakan tentang kisah hidupku,” ujar Min.

Seniman yang paling berpengaruh pada karya-karya Min mungkin adalah Hieronymous Bosch, seorang pelukis asal Belanda. Tapi Min menyangkal dugaan ini, meskipun dirinya mengakui bahwa karya-karya Bosch sangat imajinatif seperti karya-karyanya. Min memang nggak menginginkan orang lain melihat dunianya seperti sebuah pengalaman yang biasa, tapi sebagai sebuah pengalaman yang aneh. Dirinya juga nggak pernah mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam kepala kita, melainkan dirinya meninggalkan pertanyaan-pertanyaan itu dalam kepala kita. Dunia Min menawarkan dobrakan dari batasan-batasan geografis dan tempo, dan itulah tantangannya bagi kita: bahwa hidup memang nggak harus dibatas oleh sebuah ruang atau waktu.

Ketika melihat karya-karya Jung-Yeon Min di atas, apa yang terbersit dalam pikiranmu? Atau, kamu merasa sedang dibawa ke sebuah dunia mimpi yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya?

Jayanta’s Prints

Pameran Seni Grafis JAYANTA’S PRINTS KARYA JAYANTA NASKAR Pemenang Pertama Kompetisi Internasional Trienale Seni Grafis Indonesia V 2015 Peresmian Pameran: Kamis, 3 November 2016 Pukul ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official