Art

Lukisan-Lukisan Mungil Yang Terinspirasi Objek Keseharian

Inspirasi dalam berkarya memang bisa kita temukan di mana saja. Tidak pengecualian mungkin untuk seorang seniman yang bernama Karia Haldas. Di tangannya objek-objek keseharian dan pemandangan yang sederhana menjadi inspirasi dalam karya-karyanya.

Uniknya, karyanya tidak biasa nih! Soalnya lukisan yang dihasilkannya berbentuk mungil banget alias mikro. Hanya berukuran sekitar 25cm x 25 cm saja, tapi bukan berarti Haldas kehilangan satu detail pun dari sumber yang menjadi objek lukisannya.

Seniman asal Berlin, Jerman ini menamakan proyeknya sebagai “Tiny Spring”, yang menggambarkan alam dalam bentuk terkecilnya, mengubah gambar-gambar pemandangan outdoor yang indah menjadi sebuah lukisan mini.

Tentunya bukan hal yang aneh kalau pemandangan menjadi objek lukisan. Sudah biasa jika seorang pelukis bepergian ke daerah pegunungan atau pantai atau daerah dengan lanskap indah lainnya guna menangkap lanskap tersebut dalam bentuk lukisan. Mereka akan betah berlama-lama berjemur di bawah sinar mentari guna memindahkan pemandangan yang terbentang di hadapannya ke atas kanvas.

Pemandangan memang awam menjadi bahan lukisan karena karena alam mengusung semangat romantisme tertentu. Ada kesyahduan di sana. Keindahan pastinya. Atau keunikan tersendiri yang menggugah secara visual. Oleh karenanya ada urgensi di diri para seniman untuk menangkap romantisme tersebut dalam bentuk lukisan.

Tapi pemandangan bukan satu-satunya yang kerap menjadi objek. Suasana keseharian juga sering menjadi inspirasi sebuah gambar. Hal-hal umum yang banyak ditemui di sekeliling kita, yang mungkin dianggap remeh dan not-panting-material, di tangan seniman yang tepat, berubah menjadi objek lukisan yang tak kalah romantis dibandingkan pemandangan.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, hampir semua orang memiliki kamera, dan hampir setiap dari mereka punya hobi untuk mengambil foto dari hal-hal cantik yang mereka temukan melalui kamera tersebut dan mempublikasikannya di akun Instagram mereka.

Bisa dikatakan saat ini Instagram merupakan sumber gambar yang sangat kaya. Okelah, mungkin banyak yang mem-posting foto-foto selfie narsis mereka. Namun, tak kalah banyak pula orang-orang, meski amatiran, yang dengan cukup kuat menangkap lingkungan sekitar mereka dengan kualitas dan estetika fotografis memadai.

Inilah yang kemudian diolah oleh Haldas untuk proyek “Tiny Spring”-nya. Cukup dengan mencermati feed akun-akun yang di-follow-nya, dan tak perlu berburu lokasi eksotis, ia telah memiliki banyak bahan untuk menjadi objek lukisannya.

Jadi, coba deh kamu follow segera akun Instagram milik Haldas. Siapa tahu karya fotografi kamu nantinya menjadi salah satu karya lukisan indah seperti di bawah ini, atau mungkin kamu juga bisa menemukan inspirasi baru di Instagram.

 

Sumber gambar: creativeboom.co.uk

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

Wajah Mereka yang Tersisihkan

Ada pelukis yang suka melukis pemandangan, bunga, sebagian lagi suka melukis wajah manusia atau potret. Salah satunya adalah Alice Moloney – seorang desainer komunikasi dan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official