Art

Lelang Ilustrasi Harry Potter

Ketika sebuah karya meledak, yang kebagian rejeki bukan hanya si penciptanya, tapi semua orang yang terlibat di dalamnya. Buku, misalnya. Ketika sebuah buku menjadi best seller, bukan hanya penulisnya yang kebanjiran royalti, tapi penerbit, distributor, penjaga toko buku, dan semua orang yang mendukung kesuksesan buku itu ikut meraih keuntungan – termasuk sang ilustrator.

Inilah yang terjadi pada Cliff Wright, ilustrator untuk dua dari novel laris “Harry Potter” karya JK Rowling. Cliff menggunakan tinta dan cat air untuk membuat sampul novel “Harry Poettter and The Chamber of Secrets” (1998) dan “Harry Potter and the Prisoner of Azkaban” (1999) – buka kedua dan ketiga karya Jk Rowling yang menjadi best seller di seluruh dunia.

Harry_Potter_origi_2861002b

Cliff melelang kedua karyanya itu di sebuah lelang di Los Angeles pada tanggal 27 Maret 2013 di rumah lelang Nate D. Sanders. Ilustrasi untuk “The Chamber of Secrets” yang berukuran 22.5″ x 19″ akan dibuka dengan harga $20.000. Ilustrasi itu menggambarkan Harry and Ron Weasley yang sedang terbang dengan Ford Anglia milik Weasley. Ilustrasi itu dilengkapi dengan tulisan: “please return Aw [artwork] to: / (undamaged)” and ”For: Harry Potter shop display / To: Rosamund Walker — Bloomsbury [Rowling’s publishing house”. Diperkirakan, ilustrasi ini akan terjual dengan harga $30.000.

buckbeakillus_2861004c

Pada ilustrasi lainnya, digambarkan Harry dan Hermoine sedang menunggang Buckbeak the Higgpogriff, yang membantu mereka untuk menyelesaikan misi mereka di novel ketiga. Ilustrasi ini ukurannya jauh lebih kecil, 5.5″ x 5, dan lelang akan dibuka dengan harga $12,000. Diperkirakan akan terjual di harga $18,750. Ilustrasi ini ditandatangani oleh Cliff, yang membuat sebuah catatan kecil: “trainers” and ”Emma / Changes as requested. Cliff’. ”

Tapi bagaimana sebenarnya proses pembuatan ilustrasi untuk buku-buku ini? Cliff mengatakan bahwa biasanya dia diberi sebuah paragraf dari buku itu, lalu dia bekerja sama dengan pihak penerbit untuk mendiskusikan gambarnya. Karenanya, draft untuk ilustrasi itu sengaja dibuat kecil dan sesederhana mungkin, sampai keduanya menemui kesepakatan bersama.

Harry-Potter-Philo_2861003a

Franchise untuk Harry Potter akan dipublikasi ulang tahun ini dengan ilustrator baru, Jonny Duddle, yang juga akan membuat sampul baru untuk semua edisi terbaru novel-novel Harry Potter. Dan seperti yang kita lihat di atas, karya Jonny pun nggak kalah menariknya dibanding karya Cliff Wright ya?

Sampul adalah salah satu elemen penting dalam penjualan sebuah karya, entah itu buku, lagu, atau yang lainnya. Kalau kamu seorang ilustrator, mungkin sudah saatnya mulai “menjajakan” karyamu ke para penerbit. Kalau buku yang kamu buatkan sampulnya meledak, namamu pun mungkin bisa ikut terkenal, bukan?

Sumber gambar: Bloomsbury

Lagi, Soal Selfie

Seniman yang cerdas itu pandai memanfaatkan situasi kekinian ke dalam karya-karyanya, karena manusia cenderung untuk lebih tertarik kepada sesuatu yang dimengertinya, yang dirasakannya, dan dilakukannya. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official