Art

Kota-Kota Seni Dunia pt.1

Kalo di Indonesia kita punya Yogya yang dapat sebutan “kota seni”, di negara-negara lain juga banyak kota seninya. Yuk kita telusuri di mana kota-kota seni itu; kota yang terkenal dengan kecantikannya, museumnya, dan arsitekturnya!

Maastricht, Belanda

Di kota ini, setiap tahun diadakan The European Fine Art (TEFAF), sebuah pekan seni yang paling bergengsi di seluruh dunia, dan biasanya dihadiri para kolektor dan perwakilan museum-museum di dunia.

Pesertanya 260 galeri dari 20 negara di dunia, dan para pesertanya memamerkan karya terbaik mereka di pasaran – mulai dari lukisan tua, barang antik, perhiasan, dan sebagainya. Nggak cuma dipamerin, tapi barang-barang di sini boleh dibeli. Barang-barang yang di sini boleh diuji keasliannya karena melibatkan 175 pakar seni dari seluruh dunia, dan punya 29 kategori yang berbeda. Meskipun selalu diadakannya di Maastricht, tapi rencananya tahun depan di Beijing juga akan diadain TEFAF ini.

Vrijthof Square

Selexyz Dominicanen

Maastricht ini letaknya di sebelah selatan Belanda, dekat Belgia. Orang-orang Belanda biasanya berakhir pekan di sini. Banyak cafe dan restoran yang nyaman di sekitar Vrijthof Square. Ada toko buku tercantik di seluruh dunia. Selexyz Dominicanen, namanya. Tadinya toko buku ini adalah sebuah gereja. Kepingin ke museum? Kunjungi Bonnefantenmuseum, tempat karya seni terbaik dipamerin.

London

masterpiece london

Siapa yang nggak kenal ibukota negara Inggris ini? Nah, di sini ada yang namanya Masterpiece London yang dianggap miniaturnya TEFAF. Masterpiece London ini diadain di sebuah paviliun yang khusus dibangun di ruang bawah tanah Royak Hospital Chelsea. Masterpiece ini spesialisasinya di fine art, barang-barang antik, juga barang-barang mewah seperti mobil, yacht, jam tangan, dan wine. Memang sih, nggak ada yang murah di sini. Ya namanya juga “masterpiece” lah ya. Hehe.

Pangeran Haryy sempat jadi tamu VIP di Masterpiece London di tahun 2011. Tahun ini, Masterpiece bakal diadakan tanggal 26 Juni – 3 Juli dan akan ada 200 peserta pameran yang ikutan.

Frieze Masters

Frieze London

Selain Masterpiece, ada juga Frieze Masters dan Frieze London. Dua-duanya akan berlangsung tanggal 17-20 Oktober. Frieze London memamerkan seni kontemporer, sementara Frieze Masters memamerkan barang-barang yang berasal dari awal Abad 21. Tahun lalu, kedua pameran ini melibatkan 90 pedagang internasional, dan tamunya termasuk para kurator dari seluruh dunia. Dan tahun lalu juga, barang-barang yang dipamerin dan dijual itu antara lain artefak-artefak dari jaman Mesopotamia kuno, pualam jaman Renaisans, sepasang lukisan asli karya Picasso, dan juga sebuah lukisan asli karya Joan Miró. Harganya? Jangan ditanya. Mahal pake banget sih pastinya…

london transport museum

London memang sarat dengan seni. Kamu bisa ke Victoria & Albert Museum, Tate Modern the British Museum, atau Royal Academy of Arts. Jangan lupa juga kunjungi London Transport Museum yang lagi melangsungkan pameran poster yang akan berakhir tanggal 27 Oktober 2013 nanti.

Akan ada 3 kota lagi yang akan Kopling bahas minggu depan. Kota-kota mana sajakah itu? Terus ikuti aja berita-berita dari Kopling ya!

Pen Ajaib 3 Dimensi

Sering nggak kamu nyoret-nyoret selembar kertas saat kamu iseng, lagi telponan, atau saat kamu bosan? “Doodling” lah gitu istilah kerennya. Terus biasanya sih, kalo lagi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official