Art

Kartu Pos Misterius “RCA Secret”

Di Indonesia, kolektor perangko itu udah umum banget, dan mungkin nenek dan kakek kita juga dululah adalah penggemar filateli. Tapi kalo kolektor kartu pos rasanya masih belum terlalu umum ya, meskipun sekarang orang udah mulai banyak yang kembali berkirim-kiriman kartu pos.

Di London, setiap tahun ada event yang namanya RCA (Royal College of Art) Secret, yaitu penjualan dan pameran kartu pos tahunan yang seru banget. Para pembeli tiap tahunnya rela ngantri meskipun udara dingin banget selama 5 hari untuk acara ini. Sedikitnya ada 50 tenda yang dibangun di depan Dyson Building di the Royal College of Art, Battersea, dan 300 orang langsung ngantri begitu kartu-kartu pos itu mulai dijual pada jam 7 pagi.

Apa hebatnya sih kartu-kartu pos itu sampe orang segitu antusiasnya buat ngedapetin? Ternyata karena kartu-kartu pos itu dilukis sama para pelukis ternama dan para pelajar sekolah seni itu, dan kartu-kartu pos itu dijual cuma £45 per kartu pos! Ada 2,700 kartu pos yang dijual dan hasil penjualannya bukan untuk si artis, tapi buat para pelajar di sekolah itu sendiri.

Terus kenapa dibilang “secret”? Karena para pembeli cuma bisa milih lukisan yang mereka suka tapi mereka baru bisa tau nama pelukisnya setelah mereka beli, karena nama artisnya ada di belakang lukisan itu, dan sebelum dibeli, kartu pos itu nggak boleh dibalik. Memang semacam judi sih ya jadinya. Yang beruntung ya dapet karya pelukis ternama, yang kurang beruntung ya dapetnya karya para pelajar. Hehe…

Para pelukis papan atas asal Inggris yang nyumbangin karya mereka untuk acara ini antara lain adalah David Bailey, Christo, Paula Rego, Frank Bowling, dan Julian Opie. Ada juga arsitek terkenal yang ikutan bikin kartu pos, seperti Zaha Hadid, juga para perancang busana seperti Christopher Bailey, Manolo Blahnik and Paul Smith, dan Nick Park. Juga ada sutradara terkenal Mike Leigh, dan gitaris Stone Roses, John Squire. Harga semua lukisan dipukul rata, sama kayak harga karya para pelajar, yaitu £45. Nggak kurang dari Yoko Ono, Anish Kapoor, dan Tracey Emin juga pernah nyumbang kartu pos untuk acara ini.

Dan inilah pendapat beberapa seniman yang ikutan nyumbang kartu pos untuk RCA Secret:

“Saya pernah mendapatkan beasiswa untuk sekolah seni di London tahun 1969 selama 7 tahun. Ketika itu, kehidupan sebagai seorang pelajar lebih mudah dibandingkan dengan sekarang. Para pelajar masa kini bekerja keras pada malam hari dan itu masih kurang untuk membiayai hidup mereka. Hal kecil seperti membuat kartu pos setiap tahun adalah hal yang baik karena akan sangat membantu mereka.”
Maggie Hambling

“Saya telah menyumbang kartu pos untuk RCA selama 6 tahun berturut-turut dan saya sangat menyukainya. Saya membuat kartu-kartu itu pada siang hari di meja kerja saya sendiri.”
Pete Fowler

Tahun ini para penyelenggara RCA Secret berharap mereka bisa ngumpulin lebih dari £120,000. Bantuan dana untuk pendidikan seni memang makin lama jumlahnya makin dikurangi sama pemerintah Inggris, padahal di sana banyak seniman muda berbakat yang kepingin banget bisa lulus kuliah.

Baik hati dan dermawan banget ya para seniman-seniman itu, dan mereka nggak seperti kacang yang lupa sama kulitnya. Mereka inget dulunya mereka juga bukan siapa-siapa, dan kalo mereka sekarang punya sesuatu untuk ngebantu para pelajar yang memang butuh bantuan, kenapa nggak?

About author

Ngopi di Tengah Laut

Di mana saja, kapan saja, kita selalu bisa ngopi. Kopling pernah ngebahas gimana caranya para astronot ngopi di luar angkasa, dan sekarang Kopling kepengen share ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official