Art

Kaleidoskop 2015: Jong Institut

Kaleidoskop adalah program pameran dua tahunan bagi seniman muda sebagai ajang untuk menampilkan praktik-praktik artistik terkini di Yogyakarta.

Jong Institut merupakan bagian dari strategi kuratorial untuk pameran Kaleidoskop 2015. Jong Institut adalah sebuah eksperimen atas kehidupan komunal dan kerja kolektif melalui penciptaan institusi temporer sebagai proyek seni. Jong Institut akan mengorganisir workshop di satu studio khusus bersama dengan delapan seniman muda.

Catatan Kaki

Kehidupan komunal yang melibatkan praktik-praktik berbagi seringkali disebut sebagai alternatif di tengah kapitalisme dan sosialisme. Kehidupan komunal tidak bergantung dengan ‘pusat’, baik pasar maupun negara, melainkan pada kemampuan individu-individu serta komunitasnya dalam mengatur dirinya sendiri.

Kata kolektif populer digunakan untuk menyebut ruang seni yang dibentuk dan dijalankan oleh sekelompok seniman paska reformasi 1998. Tentu saja, frasa kolektif seni tidak hanya mengacu pada profesi orang-orang di dalamnya, melainkan juga pada moda kerja kelompok tersebut. Sebuah kolektif seni bekerja berdasarkan kemitraan di antara seniman-seniman di dalamnya. Praktik artistik berbasis kerja sama, kolaborasi adalah karakter yang dilekatkan pada sebuah kolektif seni.

Workshop dirancang sebagai ruang untuk pertukaran gagasan kritis di dalam struktur tidak hierarkis dan bertujuan menciptakan pemahaman bersama yang disusun oleh kemandirian individu-individu di dalamnya. Workshop dalam Jong Institut disusun dengan referensi seperti pernyataan Walter Gropius mengenai Bauhaus sebagai ‘amalgamation of like-minded artists on a friendly basis’ dan cerita Amrus Natalsya mengenai Kelas Sore di Akademi Seni Rupa Indonesia. [Kelas Sore mengacu pada ruang pertemuan informal yang diciptakan di lingkungan akademi di mana siswa dan dosen kelas formal, baik seniman mapan maupun seniman muda yang bukan bagian dari akademi, dapat mengorganisir pertemuan dan forum diskusi mengenai berbagai isu]

Panduan Aplikasi

Kaleidoskop memanggil rekan-rekan muda untuk terlibat dan bereksperimen dengan model-model kerjasama artistik yang tidak hanya berpotensi menciptakan karya-karya inovatif, namun juga mendorong bentuk-bentuk baru pengorganisasian masyarakat dalam proyek Jong Institut.

Proyek ini akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama adalah serangkaian diskusi, kunjungan lapangan, residensi singkat, dan latihan pengolahan teknik. Workshop ini akan berlangsung bulan Mei hingga Agustus 2015.

Tahap kedua adalah presentasi publik yang berlangsung mulai 9 September hingga 10 Oktober 2015.

Kriteria:

1. Umur maksimal 35 tahun
2. Domisili atau bersedia untuk tinggal di Yogyakarta selama program berlangsung
3. Tertarik untuk terlibat dalam proyek seni
4. Tahan bekerja di bawah tekanan
5. Mampu bekerja sama dengan orang lain

Aplikasi:

Pelamar menyerahkan dokumen aplikasi dengan format digital (PDF). Aplikasi diserahkan melalui email kaleidoskop.project@gmail.com dengan subyek [Nama]- Aplikasi Kaleidoskop 2015: Jong Institut.

Batas pegiriman Aplikasi Open Call akan ditutup pada 27 Maret 2015. Partisipan terpilih akan dihubungi pada tanggal 5 April 2015. Berikut informasi yang perlu kamu cantumkan:

1. Curriculum Vitae
2. Material-material yang bisa menunjukkan kreativitasmu (misal portofolio karya, contoh novel/cerpen yang pernah dibuat, dokumentasi acara yang pernah diselenggarakan, rekaman lagu yang pernah dibuat, dsb.)
3. Alasan ingin mengikuti Kaleidoskop (150 kata)
4. Opini soal kerjasama dan kreativitas (150 kata)

Pertanyaan dan informasi lebih lanjut, sila menghubungi 082124605775 atau email ke: kaleidoskop.project@gmail.com

About author

Catatan Akhir Tahun 2012

Hari ini hari terakhir di tahun 2012. Enggak kerasa udah satu tahun kita lewatin lagi. Gimana rencana kamu buat merayakan hari ini? Di artikel terakhir ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official