Art

Ilustrasi Kompleks Gambarkan Bumi Sebagai Sosok Yin Yang yang Tersiksa

Gagasan bahwa aktivitas manusia, atau aktivitas setiap organisme, dapat memengaruhi bumi masih sulit dimengerti oleh banyak orang. Dan jenis ketidakpercayaan inilah yang menyebabkan skeptisme terhadap bahaya laten yang mengancam Bumi. Bukan hanya dalam bentuk pemanasan global, namun juga isu-isu lingkungan lain, seperti krisis air bersih, sampah, limbah industri, dan banyak lagi, yang sebenarnya mengancam eksistensi manusia itu sendiri.

Lantas bagaimana caranya manusia menyebabkan pemanasan global? Pada dasarnya melalui dua hal, polusi sebagai efek dari pemakaian bahan bakar minyak, dan proses deforestasi atau penebangan hutan yang tak terkendali. Sementara itu perilaku manusia lain yang tak bertanggung jawab seperti membuang sampah sembarangan, perilaku tidak hemat energi, memakai air secara berlebihan, dan sebagainya juga memperparah krisis yang diterima Bumi.

Menyikapi hal ini, Dalip Singh, yang merupakan seorang Creative Director di McCann Worldgroup, India, terinspirasi untuk melakukan sebuah proyek yang memadukan antara seni dengan sains dalam upaya membangkitkan kesadaran akan pentingnya permasalahan lingkungan.

Berjudul Yin Yang, proyek ini mencakup ilustrasi yang berukuran cukup besar dan menggambarkan Bumi dalam kekacauan, dihitamkan dengan api dan asap yang berasal dari limbah industri, serta penggambaran hewan yang mati atau menderita.

Ilustrasi-ilustrasi ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Land (tanah), Water (air) dan Air (udara), di mana gambar-gambar bumi tersebut merefleksikan ketiga elemen penting ini. Idenya berawal dari penelitian yang dilakukan Dalip dalam mencari tahu tipe-tipe polusi lingkungan serta penyebabnya.

Land

Ilustrasinya memang terlihat kompleks, sehingga pengerjaanya pun tak kalah kompleks pula. Sketsa kasar saja memerlukan waktu sebulan untuk mengerjakannya. Dalip tidak sendirian, karena ada dua orang lain yang membantunya.

Awalnya ilustrasi dikerjakan dengan tangan, kemudian finishing dilakukan dengan memakai cat air, setelahnya difoto dan didigitalisasi. Yang pasti Dalip ingin agar karya-karyanya memiliki detil yang serealistis mungkin.

Water

Bagi yang mengenal konsep yin dan yang, dan signifikansi simbolisnya, pasti segera bisa merasakan ironi dan ketidakseimbangan dalam ilustrasi-ilustrasi Dalip. Yin yang menandakan sebuah interkoneksi antara kekuatan yang tidak hanya saling bertentangan namun juga saling melengkapi. Contohnya, ada nuansa gelap dalam cerah dan begitu sebaliknya.

Meski terlihat indah dengan detail yang kaya, namun Yin Yang juga menggelisahkan karena menggambarkan sebuah dunia yang mendorong batas melewati ide filosofis antara keseimbangan dan harmoni. Keberadaan ilustrasi ini semoga bisa menggugah kita untuk tetap menjaga tingkah laku agar Bumi tetap dalam keadaan yang sehat. Bagaimanapun pada akhirnya manusialah yang akan menderita akibat permasalahan lingkungan, sementara sang Bumi akan tetap bertahan, mungkin lama setelah kita tiada.

Air

Sumber gambar: beautifuldecay.com

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

 

Plaza Design: Anactdote 2015

Plaza Desain, sebuah acara tahunan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Binus University kembali diadakan lagi nih! Bertajuk Plaza Desain: Anactdote 2015, acara ini menjadi wadah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official