Art

Hilangnya 10 Lukisan Termahal di Dunia

Bukan cuma orang hilang yang dibuat daftarnya, tapi juga lukisan yang hilang. Nggak tanggung-tanggung, beberapa ahli forensik udah dikerahkan untuk mencari kesepuluh lukisan yang paling banyak diinginkan untuk kembali ini.

Karya Picasso, Monet, Matisse, Gauguin, dan Lucian Freud pernah ada yang mencuri dari Kunsthal Gallery di Rotterdam pada tahun 2012, dan 5 orang Roma yang mencurinya sudah berhasil ditangkap, tapi lukisan-lukisan itu tetap nggak ketemu sampai sekarang. Seorang ibu dari salah seorang pencuri itu mengaku kepada polisi bahwa lukisan-lukisan itu sudah dibakar untuk menghilangkan barang bukti…

Selain ketiga lukisan yang nasibnya malang itu, lukisan apalagi yang sampai sekarang masih jadi buronan polisi?

Francis Bacon, karya Lucian Freud

Hilang: 1988
Hadiah bagi yang menemukan: £132,000

Selama 25 tahun terakhir, banyak berita bersliweran tentang keberadaan lukisan ini. Diperkirakan lukisan ini dicuri oleh salah seorang murid di Neue Nationalgalerie di Berlin karena ketika lukisan ini hilang, tempat itu penih dengan para murid.

Storm of the Sea of Galilee, karya Rembrandt van Rijn

Hilang: 1990
Hadiah bagi yang menemukan: £32,000,000

Storm-on-the-Sea-of-Galil-002

Lukisan ini adalah salah satu dari 13 lukisan yang dicuri dari Isabella Steward Gardner Museum di Boston, museum yang paling sering kecurian. Polisi sudah mencari lukisan ini sejak 20 tahun kemuduan, bahkan FBI pun nggak juga berhasil menemukannya. Lukisan ini dicuri oleh sepasang pencuri yang menyamar sebagai polisi, lalu memborgol penjaga museum.

Le Pigeon aux peitis pois, karya Picasso

Hilang: 2010

Lukisan ini dicuri dari Musée d’Art Moderne de la Ville de Paris, lalu dilemparkan oleh pencurinya ke tong sampah dan ketika dicari oleh petugas, tong sampah itu sudah kosong. Lukisan ini berharga lebih dari £20 juta dalam sebuah lelang.

Harlequin Head, karya Picasso

large

Hilang: 2012

Dicuri dari Dutch Kunsthal Gallery, dan diduga sudah menjadi abu.

The Just Judges from the Ghent Altarpiece, karya Jan Van Eyke

Hilang: 1934

Lukisan ini adalah bagian dari sebuah katedral yang dicuri pada suatu malam dan diganti dengan tulisan: “Taken from Germany by the Treaty of Versaille”. Sebenarnya si pencuri sudah minta uang tebusan, tapi ditolak oleh uskup setempat. Ketika pencurinya mati, dia bersumpah bahwa dia nggak akan ngasih tau di mana lukisan itu disimpannya…

View of Auvers-sur-Oise, karya Cézanne

View_of_Auvers-sur-Oise_Paul_Cezanne

Hilang: 2000

Lukisan ini dicuri dari Ashmolean Museum.

Portrait of a Young Man, karya Raphael

Hilang: 1945

Lukisan ini sempat diselamatkan dari Czartoryski Museum di Kraków pada tahun 1939 oleh kaum Gestapu untuk menghias rumah Hitler di Berlin. Pada tahun 1945, lukisan ini diambil dari rumah Hitler ke Wawel Castle, tapi sampai saat ini belum lagi pernah terlihat.

Nativity with St Francis and St Lawrence, karya Caravaggio

Hilang: 1969

Awalnya, lukisan ini tergantung di Oratory of San Lorenzo di Palermo, Sisilai sampai kemudian dilepaskan dari bingkainya. Diduga lukisan ini dicuri oleh para mafia, lalu sudah musnah karena digigit tikus di tempat penyimpanan para mafia itu.

Congregation Leaving the Reformed Church in Nuene, karya Van Gogh

congregation-leaving-the-reformed-church-in-nuenen-1884(1)

Hilang: 2002
Hadiah bagi yang menemukan: £870,000

Ini adalah salah satu lukisan Van Gogh yang dicuri dari Vincent van Gogh Museum di Amsterdam. Pencurinya masuk melalui atap. Polisi sudah menangkap pelakunya setahun kemudian, tapi lukisannya sampai sekarang belum ditemukan.

The Concert, karya Vermeer

Hilang: 1990
Hadiah bagi yang menemukan: £3.2 juta

Ini adalah lukisan yang paling berharga yang tercuri sepanjang sejarah. Hilang di Isabella Stewart Gardner Museum, dan berharga £130 million.

 

Sumber gambar: pbs.org, dan beberapa sumber lainnya

Mengawinkan Kopi dengan Wine

Matahari terbit di pagi hari. Bulan di malam hari. Kopi kita minum pagi hari. Wine kita minum di malam hari. Matahari nggak akan pernah bersatu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official