Art

Hati-hati, Orang Kreatif Lebih Mudah Terkena Gangguan Mental

Sebuah studi mengatakan bahwa orang-orang kreatif secara genetik lebih mungkin terindikasi gangguan mental seperti bipolar disorder dan schizoprenia.

Pelukis, musisi, penulis, dan penari 25 persen lebih mungkin untuk membawa varian gen dari profesi yang tidak berada di bidang kreatif seperti petani, buruh dan pedagang.

Kari Stefansson, CEO dari deCODE, sebuah perusahaan ilmu genetik yang bertempat di Reykjavik, mendemonstrasikan sekaligus menghubungkan antara mental disorder dan kreativitas.

mozart

mozart

Berangkat dari pernyataan “untuk jadi kreatif, kita harus berpikir berbeda”, dan saat pikiran kita berbeda, kita cenderung dinilai aneh bahkan gila. Penelitian ini telah dipublikasikan di Journal Nature Neuroscience. Penelitian ini melibatkan 86.000 warga Iceland untuk mencari varian gen yang rata-rata berisiko schizophrenia dan bipolar disorder. Peneliti melihat dari anggota komunitas seni nasional dan menemukan orang-orang kreatif ini memiliki kemungkinan terkena gangguan mental 17% lebih tinggi daripada mereka yang bekerja di bidang non kreatif.

vincent van gogh

vincent van gogh

Kemudian, mereka memeriksa temuan ini di Belanda dan Swedia ke sekitar 35.000 orang yang dianggap kreatif, entah dari pekerjaannya atau melalui jawabannya pada kuesioner. Hasilnya, hampir 25% dari mereka terindikasi gangguan mental.

Seringkali, ketika orang menciptakan sesuatu yang baru, mereka akhirnya melewati batas antara kewarasan dan kegilaan.

Barangkali, penelitian ini berasal dari apa yang telah terjadi sebelumnya bahwa kreativitas adalah kualitas, seperti yang ada pada Mozart, Bach, dan Van Gogh. Mereka adalah seniman yang kreatif tapi memiliki keanehan masing-masing.

Hal lain dilontarkan oleh psikiater dari Harvard, Albert Rothenberg, ia mengatakan bahwa belum ada fakta yang jelas yang menghubungkan antara gangguan mental dan kreativitas. Kesuksesan artis lahir karena usaha yang keras, melawan zona nyamannya, dan berhasil menemukan dirinya. Orang-orang kreatif bukan karena masalah mental, melainkan melewati proses kreatif itu sendiri dan berpikir berbeda.

Kreativitas

About author

Cat Gouache, Apa Bedanya dengan Cat Air?

“Gwosh”, kira-kira begitu cara pengucapannya dengan aksen Perancis, sejenis cat air yang digunakan sejak lama tapi sedikit orang yang tahu tentang keberadaan dan pemakaiannya saat ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official