Art

Hate Mail Project: Let’s Have Some Fun with Postcard!

Sekarang ini, rasa-rasanya sudah banyak dari kita yang jarang banget menerima kiriman pos, entah itu surat, atau kartu pos, yang berbentuk fisik. Brosur atau korespondensi kerjaan atau tagihan ini tidak masuk dalam hitungan ya. Yang Kopling maksud di sini adalah surat-surat pribadi yang sengaja ditulis dengan memakai tangan, bukan ketikan dari keyboard atau keypad dan dikirim secara elektronis.

Mungkin sebagian besar dari kita merasa nyaman-nyaman saja dengan kemudian ini. Namun banyak juga yang merasa gelisah karena korespondensi manual cenderung terancam bahaya kepunahan. Salah satunya adalah ilustrator asal London, Mr Bingo.

Dengan menggalakkan misi untuk mengembalikan pos udara dalam kehidupan kita, Mr Bingo meluncurkan sebuah proyek bernama Hate Mail. Idenya sederhana saja, dengan mengirimkan 40 poundsterling, maka sebagai imbalannya kita akan dikirimkan kartu pos bercorak vintage yang dilengkapi dengan ilustrasi.

Yang membedakan dan membuat unik proyek Hate Mail ini dari proyek kartu pos yang lain adalah isi yang tertulis di dalamnya. Dulu, Kopling pernah bercerita soal proyek Snail Mail My Email, di mana seseorang bisa mengirimkan email ke pengelola proyek ini untuk kemudian dikirimkan menggunakan kartu pos ke si penerima pesan, juga soal proyek Post Secret, di mana seseorang bisa mengirimkan kartu pos secara anonim ke pengelola proyek tentang rahasia terbesarnya yang mungkin sebelumnya tidak pernah diungkapkan. Lain dari yang lain, proyek Hate Mail ini bukan memberikan motivasi melalui kata-kata mutiara atau kalimat pembangun semangat, tapi malah membuat kita menerima kartu pos berisi hinaan yang ofensif.

Tapi jangan langsung merasa kaget, karena tentunya hinaannya, baik dalam bentuk perkataan dan gambar, justru dimaksudkan sebagai lelucon saja. Hanya orang-orang dengan rasa humor yang miskin saja akan merasa terhina dengan kartu pos ini.

Gambar dan kalimat ofensif dalam kartu pos ini mungkin agak mengingatkan akan meme yang berkembang pesat di internet. Namun kelebihannya adalah ia bisa dikatakan merupakan sebuah karya seni yang dikerjakan dengan niat dan cermat. Oleh karenanya, meski ofensif, orang-orang malah senang untuk mengkoleksi kartu-kartu pos ini.

Begitu populernya proyek ini, yang terjadi dengan seketika, sehingga Mr Bingo terpaksa menutup untuk sementara layanannya. Sejauh ini ia telah membuat dan mengirim sebanyak 600 kartu pos. Dan ia bahkan telah menerbitkan sebuah buku yang berisi 100 karya favoritnya.

Lucu ya? Mungkin proyek ini mau mengingatkan kita kalau dalam menjalani hidup itu perlu ada becandanya, dan tidak semua hal harus ditanggapi dengan serius. Because, life is too short to take things too seriously. So, let’s have some fun!

Sumber gambar: visuall.net

Penasaran dengan kartu posnya? Coba disimak dulu beberapa di antaranya di bawah ini:

Sumber gambar: doodlersanonymous.com

Sumber gambar: sumslondon.com

Sumber gambar: neatorama.com

Sumber gambar: cbc.ca

Sumber gambar: thevelvetnotion.com

Sumber gambar: quietlunch.com

Sumber gambar: thetimes.co.uk

Sumber gambar: twitter.com

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

Spektrum 2017 Student Art Exhbition

As an annual survey with diverse themes, Spektrum 2017 will present a variety of creative approaches by eleven students from six academic institutions. Student artists: ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official