Art

Happy City Birds: Kembalikan Populasi Burung yang Hilang di Perkotaan

Kopling memang bukan ahli burung, tapi coba deh kamu perhatikan. Dulu, di setiap jalan-jalan di ibukota pasti kita suka menemukan burung gereja lagi bermain-main di bahu jalan, berjalan-jalan di taman-taman kecil, maupun terbang dari pohon ke pohon. Sekarang ini, Kopling perhatikan populasi burung gereja semakin berkurang. Malah, Kopling lebih sering melihat satu lagi burung yang suka muncul di perkotaan, warnanya kehitaman juga dan bentuknya pun kecil, tapi Kopling nggak tahu apa nama burungnya.

Ke mana perginya burung gereja itu? Konon, burung gereja juga termasuk indikator udara bersih di sekitar kita. Kalau mereka masih mau hinggap dan bermain-main di daerahmu, berarti udara di sekitar wilayahmu masih bagus. Dengan maraknya penggunaan lahan menjadi bangunan, tentunya jumlah pohon semakin terpangkas. Setiap munculnya gedung baru berarti sama dengan hilangnya lahan atau pohon yang ada sebelumnya. Artinya ada hilangnya populasi hewan-hewan seperti burung untuk berteduh secara alami. Alhasil, burung serta hewan yang ada membutuhkan lebih banyak pilihan tempat yang nyaman untuk hidup.

Thomas Winther, seorang seniman yang biasa dikenal dengan Dambo, berhasil merekayasa hal ini. Ia membuat sebuah proyek bernama Happy City Birds, yang berinisiatif untuk mendirikan rumah burung di samping dengan rumah warga. Unik ya? Sang seniman paham bahwa manusia dan hewan harus saling menguntungkan.

1082107959

1082107935

Untuk memulai proyek ini memang tidak mudah. Ia menghabiskan sekitar dua minggu untuk membangun kurang lebih 250 rumah burung dari pohon dan materi-materi yang sudah tidak terpakai. Bahkan, untuk membeli paku saja ia harus merogoh kocek sebesar $40. Ia mewarnai setiap kandangnya dengan warna-warna cerah seperti kuning, hijau, orange, dan menempatkannya di empat kota di Denmark, 64 buah di Aarhus, 52 di Odense, 54 di Copenhagen, dan 80 di Kolding.

1082107981

1082107994

Kandang ini berada hampir di seluruh sudut gedung, pohon, tiang, bandara, tiang lampu. Kandang ini adalah tempat singgah atau peristirahatan untuk burung-burung di Denmark sekaligus menjadi rumah dan tempat berkembang biak bagi mereka. Dambo percaya kalau burung bisa tumbuh baik di perkotaan dengan pertolongan kita. Burung-burung itu makan buah-buahan, berry, dan kacang-kacangan. Dengan burung-burung, mereka membantu membersihkan sekaligus mendistribusikan benih di kota Denmark, sehingga tanaman baru bisa tumbuh. Material yang tersisa dalam pembuatan kandang, Dambo gunakan untuk membuat 1000 bentuk segitiga sebagai bentuk kampanye proyeknya.

1082108061

1082108039

1082108049

Tergantung di mana-mana-di pohon, di tiang, di bandara, di tiang lampu, di atas atap, dll-tempat penampungan bahagia disediakan tempat peristirahatan baru untuk burung di Denmark. Dambo menunjukkan, “Peranan burung dalam mendaur ulang sebenarnya sangat baik dan kami harus menghargai ini. Mereka mengonsumsi makanan lama, buah-buahan, berry, dan kacang-kacangan yang berserakan di tanah. Dengan cara itu, mereka membantu untuk membersihkan dan mendistribusikan benih tanaman di sekitar kota kami, sehingga tanaman baru bisa tumbuh. ” Setelah rumah burung diselesaikan dan diinstal, dambo menemukan dirinya dengan 1.000 segitiga kayu sisa. Jadi dia memberikan mata segitiga dan paruh untuk meniru burung kecil, ia ditempelkan magnet, dan ia menggantung mereka di jalan-jalan sebagai iklan untuk proyek tersebut.

Dambo bersemangat untuk membantu teman-teman ini bersayap kecil ini, dan ia terus membangun rumah-rumah kecil secara konsisten. Hingga kini, Dambo telah membuat 250 rumah. Hal ini semata-mata ia lakukan agar kehidupan burung-burung di kota Denmark lebih mudah.

Mungkin hal serupa juga bisa kita lakukan di tempat di mana dulu burung gereja suka hinggap ya, siapa tahu mereka bisa membantu menghijaukan kembali wilayah tempat kita tinggal yang kini sudah gersang.

Sumber foto: mymodernmet.com

About author

Artist Talk | Arris Aprillo

Part of Kopi Keliling project 2011. This video is made to share the passion and creativity of young talented Indonesian artists. Support our local artists ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official