Art

Keping Kehidupan Di Dalam Kolase

Apa sih arti kehidupan?

Kehidupan kita terdiri dari serangkaian kejadian, interaksi, dan pengalaman yang membuat kita menjadi seseorang yang saat ini kita sedang kita jalani. Kamu yang sekarang lagi ngejalanin hidup mungkin nggak sadar kalo setiap langkah yang kamu ambil dulu ternyata ada benang merahnya. Atau, kamu mungkin juga nggak tau kalo hal-hal kecil yang sekarang lagi kamu lakuin ternyata bisa ngerubah cara hidup kamu di masa depan.

Mengutip salah satu perkataan Steve Jobs yang paling diinget banyak orang, “You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future,” keliatannya mungkin kegiatan sehari-hari yang kita lakuin sekarang sama sekali nggak ada hubungannya. Namun, sebenarnya semua ada maksud dan arti, entah kamu sadar atau nggak. Hidup itu seperti puzzle, masing-masing kejadian keliatannya berantakan, tapi sebenarnya saat ditelusuri satu per satu dan digabungkan semua ternyata bisa menjadi sebuah mahakarya yang indah.

gerhardmayer5

Adalah seorang seniman dari Jerman bernama Gerhard Mayer. Seperti halnya mahakarya kehidupan yang tersusun dari kisah-kisah hidup yang terlihat berantakan, ia membuat kolase yang sangat indah dari keping-keping puzzle berjumlah ribuan, yang nggak saling berhubungan satu sama lain! Mayer mencoba membangun berbagai lapisan kepingan puzzle di lapisan bawah yang udah ia buat sebelumnya. Waktu belum sempurna, karyanya terlihat seperti tumpukan-tumpukan yang nggak beraturan, namun ketika udah selesai maka akan terlihat sebuah kolase utuh yang menggambarkan suatu pemandangan indah. Saking detailnya, Mayer menyusun semua puzzle-nya dengan tangan dan warna-warna yang dikeluarkan dari kolase itu murni berasal dari puzzle-nya!

One-of-Gerhard-Mayer's-fantasy-landscapes-he-has-created-using-thousands-of-assorted-pieces-from-dozens-of-different-jigsaw-puzzles-752086One-of-Gerhard-Mayer's-fantasy-landscapes-he-has-created-using-thousands-of-assorted-pieces-from-dozens-of-different-jigsaw-puzzles-752091

Idenya sebenarnya sederhana: Mayer hanya ingin menciptakan sebuah gambar dari gambar lainnya. Tujuannya? Sang seniman ingin menciptakan dunia anak-anak untuk menyembuhkan dunia orang dewasa yang menurutnya sudah sakit… Entah berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh Mayer untuk membuat setiap karyanya, tapi yang pasti, butuh keahlian, ketelitian, dan kesabaran yang luar biasa untuk membuat karya semacam ini.

gerhardmayer8

Mainan anak-anak yang terlihat sederhana ternyata bisa mengajarkan banyak hal tentang kehidupan ya?

 

Selamat menyusun keping-keping kehidupan!

 

 

Sumber gambar: mymodernmet.com

 

Plaza Desain Osmosis

Seperti yang sudah pernah Kopling post di artikel tentang acara Plaza Desain Osmosis sebelumnya, Kopling diundang untuk ikut meramaikan acara tersebut dengan sharing di sesi seminar ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official