Art

Flows to Bay

Foto dari: museumofmonterey.org

 

“We have grown into a ‘Single Use Culture’ who are fast to forget the ramifications of our daily behaviors. And as a result, we have created menaces that will quite literally “come back to get us”!” – Brandon Boyd

 

Ini kesekian kalinya Kopling bahas karya yang berbau-bau “sampah”. Tp bukan dalam arti yang sebenarnya ya… Kali ini ada pameran unik yang menampilkan seniman serta karyanya yang menciptakan karya seni yang mengambil isu mengenai polusi terhadap laut seperti sampah, plastik, dan lainnya, dan efeknya terhadap lingkungan, kesehatan manusia, laut, dan planet bumi.

“Flows to Bay” yang dikurasikan oleh Lisa Coscino, seorang pemilik gallery dan co-founder dari FAME Media, membahas hubungan antara konsumerisme dan laut. Banyak hal yang kita beli, konsumsi dan nikmati pada suatu saat dibuang menjadi sampah – baik di tempat penimbunan sampah atau bahkan pinggiran jalan. Banyak dari sampah tersebut akhirnya berakhir di kali, sungai dan laut.

Foto-foto dari: juxtapoz.com

Foto-foto dari: museumofmonterey.org

Jenis sampah yang paling banyak ‘mengalir’ ke lautan adalah sampah plastik. Botol plastik tidak dapat diurai sampai dengan 450 tahun lamanya. Sampaj-sampah plastik ini lalu mengganggu kehidupan hewan-hewan laut yang pada akhirnya, melalui rantai makanan, kembali ke kita. Banyak bahan kimia yang terkandung di dalamnya hadir dalam aliran darah dan jaringan tubuh kita semua, termasuk juga bayi yang baru lahir.

Beberapa seniman yang berpartisipasi dalam pameran yang diadakan di Museum of Monterey (MOM) ini antara lain: David Edgar, Judith Selby & Richard LangEvan Blackwell, Brandon Boyd (Lead vocal band Incubus), Dianna Cohen, Sam HiseyChris JordanPam LongobardiTrevor MeekerRaymond PettibonLila RooJennifer Hillary Sullivan dan Susan Thacker. Kehadiran nama-nama tersebut menunjukkan bahwa semakin banyak seniman mempunyai keresahan dan kepedulian terhadap laut. Pameran Flows to Bay ini terinspirasi dari usaha dari Plastic Pollution Coalition, sebuah kelompok beranggotakan individual, organisasi, sampai perusahaan yang bekerja sama untuk mengakhiri polusi plastik dan efek dari racunnya yang mempengaruhi hidup manusia, binatang dan lingkungan hidup.

Lihat video pembukaan pameran Flows to Bay:

Link video wawancara dengan Brandon Boyd:

Poster acara Flows to Bay:

Foto dari: projectvortex.org

 

Artikel oleh: @RaymondMalvin

About author

Things are Queer

Tentunya kamu udah nggak asing lagi dengan istilah “queer” kan? Istilah ini mengacu pada mereka (atau kita) yang non-heteroseksual. Kata “queer” sendiri sebenarnya artinya adalah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official