Art

Dessert Art: Boleh Dipandang, Dimakan Jangan

Kamu masih inget sama Caitlin Freeman nggak? Itu lho, fotografer yang beralih profesi jadi penghias kue dan udah nerbitin buku yang berjudul “Modern Art Desserts”?

Nah, ada lagi nih fotografer makanan yang karyanya nggak kalah serunya dari Caitlin, cuma bedanya fotografer yang satu ini tetep berprofesi sebagai fotografer dan belum punya rencana nerbitin buku.

Sarah Anne Ward adalah seorang fotografer komersial yang daftar kliennya sangat impresif, mulai dari para penghias kue, majalah kuliner, Ralph Lauren, Tommy Hilfiger, The Whitney Museum, dan masih banyak lagi seperti yang tertulis di daftar panjang di dalam website-nya. Kalo di dunia fashion ada pengarah gaya untuk fotografi, di dunia kuliner juga ada pengarah gayanya. Sarah Anne juga salah satu tugasnya menjadi pengarah gaya dalam proses pembuatan foto makanan.

sarahanneward

SarahAnneWard_Koons

http://1.bp.blogspot.com/-zHvoCwAWw6U/UkoukqfHuTI/AAAAAAAABFo/tfMoJtQQc5g/s640/SarahAnneWard_Seurat.jpg

Nah, Sarah Anne ini juga membuat replika seni modern terkenal dengan menggunakan bahan-bahan untuk membuat kue. Awalnya, dia membuat kue es krim sebagai replika kanvasnya Mark Rothko, tapi lalu ternyata dia nggak begitu tertarik dengan aliran impresionis dan beralih ke kue kering beraliran kubisme karya Picasso atau Georges Braque, dan membuat marshmallow yang serupa karya Jackson Pollock, juga patung-patung permen sebagai replika dari karya Jeff Koons, dan juga Mondrian dari jelly sebagai replika karya Damien Hirst. Ada juga replika karya Codler,  Menara Eiffel yang dilukis dalam gaya pointilisme seperti karya Seurat, dan karya Dali yang rasanya pengen banget dimakan…

sarahanneward3

Setiap kali Sarah Anne memotret sebuah resep untuk kliennya, dia terus menerus menatap makanan itu terus menerus, dan sering kali saat menatap foto makan itu, dia melihat kesamaan antara makanan itu dengan sebuah karya seni.

Nggak cuma menatap, Sarah Anne juga membuat riset dari sejarah karya seni ini, dan bagian ini yang paling dia sukai dari pekerjaannya. Satu malam sebelum pemotretan, Sarah Anne memuat rencana lagi agar hasil fotonya terlihat artistik dan sesuai dengan karya seni yang ada di pikirannya. Memang seniman yang baik itu nggak cuma harus rajin berkarya sih ya, tapi juga harus rajin bikin riset – atau karyanya kurang bisa dipertanggungjawabkan. Ya nggak sih?

sarahanneward2SarahAnneWard_01

Karya-karya Sarah Anne mungkin nggak akan dipamerkan dalam sebuah pameran tunggal, tapi setidaknya semua orang yang melihat fotonya saja pasti terhibur. Nggak cuma orang dewasa, tapi juga anak kecil.

Lalu bagaimana rasanya kue-kue yang dibuat oleh Sarah Anne? Hmm, kue-kue itu memang dibuat untuk kepentingan fotografi karena kecintaannya akan karya seni, jadi biarkan imajinasimu yang melayang membayangkan seperti apa rasa kue-kue “nyeni” tersebut.

 

Website: sarahanneward.com

Arya Mularama aka Gogoporen

Arya Mularama a.k.a Gogoporen, seorang ilustrator yang merangkap sebagai art director. Rama menyukai ilustrasi sejak kecil. Ketertarikannya terhadap ilustrasi bermula dari hobinya menonton kartun Jepang, Dragon Ball. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official