Art

Buku-Buku Tentang Seni di 2014

Kalau kemarin kita membahas tentang buku-buku tentang kopi yang layak dibaca, kali ini Kopling ingin berbagi info tentang buku-buku tentang seni, yang diluncurkan selama tahun 2014 ini. Siapa tahu salah satunya juga bisa jadi ide untuk hadiah akhir tahun kan?

The Brilliant History of Color in Art

Bt4weIpCcAAUjfp

(sumber: twimg.com)

Buku ini cocok bagi mereka yang berkecimpung di dunia seni lukis. Sangat menarik, karena dalam buku ini jadi tahu cerita di balik terciptanya nama-nama warna, seperti manganese black, yellow ocher, vermilion, ultramarine, dan sebagainya. Ditulis oleh Victoria Finlay, dalam buku ini kita diberi penjelasan bagaimana para seniman – mulai dari seniman zaman batu hingga David Hockney – melibatkan warna dalam karya mereka.

Warna “mauve”, misalnya. Warna ini ditemukan oleh seorang ahli kimia yang bernama William Henry Perkins ketika dirinya melakukan eksperimen pengobatan unuk sakit malaria.

100 Painters of Tomorrow

book_launch

(sumber: 100paintersoftomorrow.com)

Kurt Beers dari Beers Contemporary ingin membuktikan dalam bukunya ini bahwa seni lukis belum mati, seperti yang dikhawatirkan sebagian orang. Sebagai bukti, Beers dan penerbit buku ini, Thames & Hudson, merekrut beberapa pelukis terkenal dari Abad 21 ini, seperti Cecily Brown, Yuko Hasegawa, dan Suzanne Hudson untuk mengamininya. Sebenarnya ada 4,300 pelukis internasional yang ingin ditulis, tapi daftar itu lalu menciut dengan jumlah 100 orang saja.

The Art of Pin-Up

taschen

(sumber: paradisehunterblog.wordpress.com)

Menurut penulis buku ini, Dian Hanson, pin-up adalah seni yang provokatif tanpa menjadi eksplisit, yang menampilkan perempuan yang menarik untuk dilihat para lelaki. Tapi nggak hanya itu, keseksian para perempuan pin-up itu sangat alamiah, dan nggak berlebihan.

Hanson melakukan banyak penelitan dalam proses pembuatan buku ini, dan dirinya mengumpulkan gambar-gambar dan foto-foto pin-up yang dibuat pada tahun 1920-an hingga 1970-an; mulai dari buku, kalender, majalah, kartu pos, poster.

Sketch! The Non-Artist’s Guide to Inspiration, Technique, and Drawing Daily Life

sketch-01

(sumber: googleusercontent.com)

“Menggambar itu sesederhana mengajak sebuah garis berjalan-jalan,” kata Paul Klee. Kutipian kata-katanya ini akhirnya menginspirasi France Belleville-Van Stone untuk membuat buku yang mengilustrasikan kata-kata Klee tersebut. Buku ini penting dibaca bagi kita semua yang setiap hari menggambar, atau bahkan mendapat penghasilan dari menggambar.

Penulisnya sendiri nggak pernah belajar menggambar, tapi dirinya banyak melakukan eksperimen. Bacaan yang pas bagi kita yang sering mengalami creative block, atau yang ingin membuat resolusi di tahun yang akan datang.

Creative Block

12793973443_3d23ab1dd4_z

(sumber: kopikeliling.com)

Nah, buku yang satu ini pernah dibahas Kopling panjang lebar. Masih ingat kan?

Masih banyak buku-buku tentang seni yang keren-keren lainnya, dan bisa kamu dapatkan di Amazon.com. Ini bukan ngiklan ya. Hehe. Hanya sekadar berbagi supaya kita lebih banyak membaca.

Call for Entries: Art Market Jakarta 7

Halo! Catalyst Arts kembali membuka kesempatan untuk kamu orang-orang kreatif yang ingin berpartisipasi di Art Market Jakarta Volume 7! Berikut informasi yang wajib kamu ketahui ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official