Art

Dari Mana Saja Inspirasi Datang?

inspirasi

Seorang seniman, apapun jenis seninya, baik penulis, pelukis, pematung, membutuhkan inspirasi untuk berkarya. Inspirasi adalah sesuatu yang sulit untuk dijelaskan, tapi terkadang lebih sulit lagi untuk ditemukan – sementara inspirasi adalah hal terpenting dalam pembuatan karya seni. Inspirasi adalah sesuatu yang ajaib. Kita sangat bahagia ketika memilikinya, dan ketika inspirasi itu hilang kita menjadi frustrasi karena membuat kita jadi kehilangan hal yang kita perlukan untuk berkarya.

Semua seniman pernah mengalami hal ini: Bangun tidur di pagi hari, minum secangkir kopi, memutuskan untuk membuat sesuatu – entah itu menulis atau melukis, tapi kita hanya dapat memandangi laptop atau kanvas dalam pandangan kosong, lalu menyadari bahwa kita tidak tahu apa yang harus kita tulis atau lukis.

Inspirasi sebenarnya bisa datang dari mana saja, kita hanya perlu membuka mata, hati, dan jiwa kita untuk dapat menemukannya. Karena setiap karya seni bersifat individual, maka seharusnya sumber inspirasinya pun juga bersifat pribadi.

Ketika kita kehilangan inspirasi, apakah yang harus kita lakukan?

Lihatlah sekeliling kita dan amati

Lalu tanyakan pada diri kita sendiri: “mengapa” dan “apa”, dan tanpa sadar kita akan menemukan sesuatu yang kita cari di sana. Bisa dengan menonton sebuah acara di televisi, komentar di blog kita dari seseorang, atau apapun. Jadilah “hidung” yang dapat mencium apapun yang berpotensi untuk dijadikan sebuah karya seni dan rekamlah ide itu secepatnya.

Mendengarkan musik

Berhentilah sejenak, dengarkan beberapa lagi, dan nikmati. Musik berisi banyak emosi yang dapat membantu kita untuk rilkes dan juga mampu menginspirasi.

Membaca buku

Seorang penulis harus suka membaca. Kita tidak bisa mengisi gelas dengan air dari botol yang kosong bukan? Ide bisa datang dari halaman-halaman dari buku yang kita baca. Bukan hanya bagi penulis, tapi pelukis pun bisa mendapat inspirasi dari buku yang dibacanya. Buatlah sesuatu dari yang kita baca, atau bahkan yang lebih baik dari itu.

Ngobrol

Ada seorang penulis cerpen yang mengaku kalau ia seringkali mendapatkan inspirasi karya tulisnya dari cerita-cerita teman-teman di sekelilingnya. Kenapa nggak menuangkan cerita orang sekelilingmu ke dalam sebuah gambar? Bertemulah dengan banyak orang, dan coba untuk lebih banyak mendengar daripada bercerita.

Bepergian

Ketika kita tidak mendapat ide apapun untuk berkarya, pergi dan keluarlah dari rumah. Mungkin ke sebuah taman, duduk di sana dan mengamati apa yang terjadi di sana. Atau ke sebuah mal, kedai kopi, dan diam-diam merekam semua kejadian dan percakapan yang terjadi di tempat itu.

Menikmati karya seni lainnya

Kunjungi sebuah galeri lukisan, tonton sebuah film, atau hadiri sebuah konser. Kita tidak hanya akan mendapatkan ide baru, tapi kita juga akan merasa lebih santai sepulangnya dari sana.

Bersikap positif

Jika kita dapat menikmati hidup, terimalah juga segala tantangan yang ditawarkan dan masuki petualangan baru. Carilah lingkungan yang mendukung kita untuk selalu berpikir positif, dan jangan biarkan orang lain membuat kita jadi enggan berkarya. Nikmati apa yang kita lakukan, lakukan apa yang kita sukai, dan jangan pernah menyerah!

 

Jadi, inspirasi bukanlah sesuatu yang hanya bisa diperoleh di tempat-tempat yang mewah, tapi hal yang paling berharga seperti inspirasi itu justru bisa kita dapatkan dari hal-hal yang paling sederhana dalam hidup.

Selamat berkarya.

Ajang Kompetisi Kopi Indonesia 2017 Dimulai

Info baik untuk dunia kopi nusantara, ajang kompetisi pelaku kopi kembali digelar tahun ini. Dibungkus dalam “Indonesia Coffee Events 2017” akan segera diadakan Indonesia Barista ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official