Art

Arsip Tentang Indahnya Menulis Surat

“Menulis surat mungkin adalah manifestasi terindah dalam hubungan manusia,” John Graham menulis kepada istrinya Elinor pada tahun 1958. “Bahkan, itu adalah cara yang terbaik.”

g1-2

 

Demikianlah opening buku More Than Words karya Liza Kirwin, sebuah buku berisi koleksi surat berilustrasi yang sangat indah karya para seniman yang tersimpan di arsip Smithsonian. Buku ini menyajikan lebih dari 90 karya seni yang dapat diposkan dalam bentuk catatan terima kasih, surat cinta, ocehan-ocehan belaka, holiday greetings, dan sekadar sapaan ‘apa kabar’. Detail pribadi tentang hidup, bisnis, keluarga, dan cinta, ditekankan dalam bentuk gambar untuk menyampaikan apa yang tidak bisa disampaikan oleh hanya sebuah tulisan.

Memang, ilustrasi dan tulisan itu menurut Kopling saling melengkapi. Tulisan, seringkali mengutarakan dengan gamblang sesuatu yang sulit dipahami dalam sebuah ilustrasi. Sementara itu, ilustrasi seringkali menggambarkan apa yang tidak bisa diungkapkan oleh sebuah tulisan.

Dalam sebuah surat kepada istrinya, pelukis Walt Kuhn menulis,” Satu yang tidak boleh lupa bahwa kekuatan kata-kata itu terbatas”. Pada sebuah surat, tulisan adalah inti dari surat. Untuk seniman seperti Andy Warhol, Ray Johnson, Rutherford Boyd dan Gladys Nilsson, tampak bahwa gambar adalah inti dari kontak interpersonal.

Setiap surat ditulisi tanggal dan dijelaskan, ini memberikan kesan pembaca melihat karya lebih intim dan dapat menelusuri kreativitas pribadi artis tersebut.

Pada tahun 1940, setelah bercerai dari Diego Rivera, Frida KAhlo menulis surat kepada temannya Emmy Lou Packard, berterima kasih padanya untuk merawat Rivera selama sakit dan bekerja sebagai salah satu asistennya. Dia menutup catatan, “Cium Diego untuk saya dan katakan padanya aku mencintainya lebih dari hidupku sendiri,” kemudian iamenyegel pesan dengan ciuman lipstik merah – satu untuk Diego, satu untuk Emmy Lou, dan satu untuk anaknya.

frida

Rutherford Boyd

joseph

moses

alfred

Menulis surat adalah keindahan. Dengan surat, komunikasi seolah lebih intim daripada menggunakan chat atau email. Kembali di mana teknologi belum menguasai dunia adalah hal sederhana yang mampu membuat orang merasa terbutuhkan. Sehingga jika kamu berkirim surat kepada pacar, calon pacar, sahabat, ataupun keluarga yang jauh di sana, kemungkinan ia akan merasa dianggap penting. Jangan lupa, sisipkan ilustrasi pribadi yang menggambarkan seberapa besar kesungguhan kamu dalam menulis surat tersebut. Tidak perlu harus pintar menggambar, kok. Sedikit doodling saja menurut Kopling sudah sangat berarti. Yuk!

About author

Convey: an Exhibition of Young Artists

Mari mengunjungi Pameran CONVEY dan mengapresiasi karya lima seniman muda di semAta gallery for kids, Jl Boscha 3 no 147! CONVEY Pameran oleh: Francisco Franklin ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official