Art

Apa Yang Harus Diketahui Untuk Melukis Di Atas Kanvas

Secara umum kanvas adalah sejenis kain yang dipakai menjadi dasar melukis. Secara spesifik, kanvas adalah kain yang berlapis cat campur lem, macamnya bisa terbuat dari yang kain tipis sampai kain tebal dan kuat. Bahan kainnya bisa cotton duck (yang paling awam), linen (lebih mahal dan dianggap superior), dan berbahan serat sintetis (kurang awam). Terlepas dari itu, ada beberapa hal yang harus diketahui saat ingin melukis di atas kanvas:

Cotton Duck Canvas

Cotton Duck Canvas

Cotton duck canvas (Sumber gambar: sailrite.com)

Kanvas cotton duck sama sekali tidak ada hubungannya dengan bebek, tapi merupakan kanvas yang paling sering digunakan dan paling murah. Ketebalannya macam-macam dan dihasilkan melalui tenunan. Yang paling murah biasanya memiliki tenunan yang renggang dan bahannya dapat terkoyak dengan mudah jika tidak hati-hati. Lekukan tenunannya dapat diisi dengan cat dasar atau kapur untuk menciptakan lukisan dengan permukaan yang lebih halus (terutama jika memakai layer). Atau tenunannya dapat digunakan sebagai bagian dari tekstur lukisan.

Kanvas Linen

Linen Canvas

Kanvas Linen (Sumber gambar: rejigdesign.com)

Kanvas linen dianggap lebih unggul ketimbang kanvan katun karena jahitan benangnya lebih rapat dan tenunannya lebih kencang. Linen Belgia merupakan yang terbaik. Meski ditarik, kemungkinannya kecil sekali kanvas linen untuk melar atau mengecil, atau benangnya bergeser atau tergelung. Kanvas linen sudah diberi cat dasar biasanya akan terlihat cokelat ketimbang putih. Sedang linen potret adalah kanvas linen dengan permukaan yang sangat halus, sehingga ideal untuk melukis detail.

Kanvas Cat Air

Watercolor Canvas

Kanvas cat air (Sumber gambar: dreamstime.com)

Kanvas cat air khusus dibuat untuk lukisan cat air. Bukan kanvas biasa dengan label yang berbeda belaka, karena kanvas ini memang berbeda untuk menggambar dengan cat air di atas kertas. Sebagai catatan, cat akan tetap basah lebih lama dan bisa menggambari dengan bebas permukaannya dengan kuas berbulu kasar.

Serat Sintetis Sebagai Kanvas

Synthetic Fibers Canvas

Kanvas serat sintetis (Sumber gambar: pixshark.com)

Banyak seniman yang berprasangka buruk kepada serat sintetis, karena bukan bahan tradisional dan belum teruji oleh waktu. Pada dasarnya kita bisa menggunakan bahan apa saja sebagai kanvas, yang penting seratnya kuat dan mampu mendukung berat cat dasar dan juga lukisan, tanpa terkoyak atau kusut. Jika tahan lama merupakan hal yang penting, maka bahan kaku seperti panel kayu merupakan pilihan terbaik yang berarti lukisan tidak akan pernah melentur.

Kanvas Yang Sudah Dibentangkan atau Tidak?

Kanvas Yang Dibentangkan

Kanvas yang sudah dibentangkan (Sumber gambar: jerrysartama.com)

Tidak usah merasa malas jika tidak pernah memakai kanvas yang tidak dibentangkan (tergulung). Pelukis terkenal umumnya memiliki asisten untuk membantu mereka untuk melakukannya atau langsung membelinya dari pemasok kanvas mereka. Tentu saja ada keuntungan jika mendapatkan kanvas dengan ukuran dan bentuk yang sesuai keinginan kita (dan tidak akan sulit jika ada yang menolong kita). Jika bertahan pada standar dan ukuran kanvas yang sudah dibentangkan, maka akan memudahkan dalam membeli bingkai yang pas.

 

Kopling masih akan membahas jenis-jenis kanvas lainnya, simak terus ya!

kanvas lukis

About author

Bathsebha Satyaalangghya

Bathsebha Satyaalangghya, yang akrab dipanggil Ghia, adalah lulusan Jurusan Keramik Fakultas Seni Rupa dan Desain dari Institut Teknologi Bandung dan Master de Accesorio de Moda ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official