Art

5 Seniman Terkaya di Dunia

Banyak orangtua yang ingin anaknya menjadi dokter, insinyur, atau pengusaha, tapi nggak banyak yang mendukung anak mereka jadi seniman. Alasannya, karena menurut mereka, seniman itu identik dengan “hidup susah”. Padahal banyak lho seniman yang kayanya nggak kalah sama pengusaha…

Berikut ada beberapa orang seniman yang hidup lebih dari sekadar cukup. Mewah, malah. Siapa saja mereka?

Damien Hirst (pelukis dan pematung)

damien-hirst-shark-2

Damien Hirst dan karyanya (sumber: businessinsider.com)

Hirst bisa dibilang merupakan salah satu seniman kontroversial. Ia sempat mendominasi dunia seni di Inggris sekitar tahun 90-an, dan dikenal sebagai seniman terkaya di Inggris. Kekayaannya pada tahun 2010 pernah didata oleh Sunday Times Rich List dan jumlahnya  £215 juta.

Kematian adalah tema utama dari karya-karya Hirst, dan dirinya menjadi terkenal saat membuat serial karya seni yang dibuat dari hewan-hewan yang sudah mati dan diawetkan. Karyanya yang paling terkenal berjudul “The Physical Impossibility of Death in the Mind of Someone Living”, yang terbuat dari ikan hiu sepanjang 4.3 meter yang diawetkan dan dipajang dalam peti kaca.

hirstcalf

The Golden Calf (sumber: htmlgiant.com)

Pada tahun 2008, karyanya yang berjudul “Beautiful Inside My Head Forever” terjual dalam sebuah pelelangan yang diadakan oleh Sotheby’s seharga $198 juta, dan ini menumbangkan rekor penjualan tertinggi yang juga atas namanya sendiri “The Golden Calf”, yang dibuat dari seekor binatang yang tanduknya terbuat emas 18 karat.

Jeff Koons (pematung)

jeff-koons-portrait

Jeff Koons dan karyanya (sumber: time.com)

Karyanya kebanyakan terinsprasi dari balon yang berbentuk binatang dan dibuat ulang dengan baja tahan karat.

jeff-koons-versailles-balloon-dog-1999-2000

Baloon Dog (sumber: handfulofsalt.com)

Pada tahun 2013, pematung yang saat ini masih berkarya dan tinggal di New York City ini berhasil menjual karyanya yang berjudul “Balloon Dog” di balai pelelangan Christie’s dengan harga $58.4 juta. Jumlah kekayaan Koons diperkirakan berjumlah $500 juta.

Jasper Johns (pelukis)

6C8636004-130815-jasper-johns-1228p

Jasper Johns (sumber: nbcnews.com)

Meskipun dirinya juga seorang pematung, tapi Johns lebih dikenal sebagai seorang pelukis. Karyanya yang paling terkenal berjudul “Flag” yang dibuatnya setelah bermimpi tentang bendera negaranya, Amerika Serikat.

15719749_bFFTD

False Start (sumber: sapo.pt)

Pada tahun 1980 Whitney Museum of American Art membeli lukisannya yang berjudul “Three Flags” seharga $1 juta. “False Start” dibeli oleh Samuel I. New house, Jr. seharga $17.05 juta dalam sebuah pelelangan yang diadakan oleh Sotheby’s, dan harga terakhir lukisan ini adalah $80 juta. Jumlah kekayaan Johns saat ini diperkirakan sekitar $300 juta.

David Choe (seniman mural dan grafiti)

gty_david_choe_dm_120202_wmain

David Choe (sumber: abcnews.com)

Seniman berdarah Korea ini adalah warga negara Amerika Serikat, dan saat ini baru berusia 38 tahun. Dirinya nggak sempat menyelesaikan SMA karena masalah ekonomi, malah pernah menjadi pencuri. Tapi saat ini kekayaannya ditaksir berjumlah $200 juta!

Andrew Vicari (pelukis)

v1dqronjpu

Andrew Vicari (sumber: timsomerset.artfolio.com)

Kalau para penulis biografi orang-orang kaya yang terkenal dapat hidup makmur, demikian juga dengan pelukis yang berhasil menjadi langganan pelukis potret orang-orang kaya.

48829682.abudhabi084

Salah satu karya Andrew Vicari (sumber: pbase.com)

Pelukis yang berasal dari Perancis ini pernah memenangkan medali emas dalam sebuah lomba melukis ketika usianya baru 12 tahun. Vicari adalah pelukis resmi para raja-raja Arab, dan pada tahun 2006 kekayaannya diperkirakan berjumlah £92 juta.

Sayangnya, pada bulan Oktober 2014, Vicari dinyatakan bangkrut oleh pengadilan karena kesehatannya semakin memburuk.

 

Jadi, apa pun profesi kita, bahkan menjadi seorang seniman sekali pun, nggak menutup kemungkinan siapa pun menjadi kaya raya. Faktor keberuntungan itu memang ada, tapi beruntung saja masih kurang tanpa kerja keras. Dan satu lagi, sekaya apa pun seseorang, harus pandai-pandai menabung, karena kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari…

MoMa Online Art Course

Teman-teman Kopling pasti sudah cukup familiar dengan MoMa bukan? MoMa atau Museum of Modern Art  adalah museum seni yang berada di kota New York. Berdiri sejak ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official