Art

12 Teknik Seni Masa Kecil Yang Mampu Mengurangi Stress

Mungkin membuat karya seni tidak selalu tentang menghilangkan stres. Bagaimana tidak, mencari inspirasi, konsentrasi penuh, dan mencari nilai artistik, hal-hal tersebut membutuhkan perhatian extra, waktu, dan usaha. Tapi, ada sesuatu tentang mengekspresikan sisi kreatifmu sebebas-bebasnya.

“ide kreatif dapat memberikan kontribusi besar untuk proses penyembuhan di berbagai budaya” kata Heather L. Stuckey dan Jeremy Nobel dalam American Journal of Public Health. Ide kreatif ini tidak perlu rumit. Karena kalau rumit, bukan stress kita mereda malah makin stress. Ide-ide kreatif ini seperti mewarnai, mencampur dan mencocokkan warna. Atau cara sederhana lainnya adalah kembali ke masa kecil kamu di mana kamu bebas membuat apa saja.

Sesungguhnya, ada 12 kebiasaanmu pada masa kecil yang dapat membuatmu rileks sekaligus mengingatkanmu pada hal-hal yang telah lalu.

Mewarnai

o-GARY-900
Mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, kita bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala. Gambar-gambar yang dihasilkan juga dapat menunjukkan tingkat kreativitas dan suasana hati kita.

Melukis dengan Tangan

200463901-001
Membuat tangan menjadi warna-warni adalah kegemaran kita di kala kecil. Kebahagiaan muncul begitu saja, seolah kita hidup tanpa masalah dan ancaman. Melukis dengan tangan adalah bentuk ekspresi diri.

Membuat origami

Ajyal Youth Film Festival - Day 5
Seperti mewarnai, origami melibatkan sisi kiri dan kanan otak sekaligus, yang memungkinkan kamu untuk berkonsentrasi pada kegiatan kreatif di tangan dan membiarkan kekhawatiran kamu hilang.

Menggambar dengan kapur

original
Kalau kamu sempat merasakan sekolah dengan kapur, pasti kamu sering menggambar di papan tulis sebelum guru datang atau selepas pulang sekolah. Entah kenapa, kapur sendiri lebih asik digunakan untuk menggambar ketimbang spidol. Ditambah lagi, warna kapur yang bermacam-macam seperti krayon.

Membuat popsicle

o-DOME-900
Menyusun satu per satu stik es krim atau batang korek api menjadi bentuk utuh adalah kegiatan yang kita lakukan di masa kecil. Selain es krim atau batang korek api, biasanya yang suka kita susun ialah kartu remi. Tau tidak, dengan menyusun es krim atau batang korek api, kita secara tidak langsung telah mengikuti kaidah algoritma. Nah lho!

Fimo Clay

o-FIMO-CLAY-900
Membuat sesuatu dari plastisin atau tanah liat, siapa yang belum pernah? Apapun kita buat dari berbagai warna dari plastisin. Seperti sushi, kelereng, dan burung.

Sand Bottle

o-MANDALA-900
Tradisi membuat karya seni dari pasir berasal dari tradisi suci lukisan pasir Tibet, di mana biksu menerapkan jutaan butir pasir berwarna ke dalam pola yang rumit, menghasilkan sebuah karya seni magis yang dirancang untuk menyalakan kasih sayang tak terbatas untuk semua makhluk hidup di bumi.

Paper Cut-out

Henri Matisse exhibition at the Museum of Modern Art in New York
Ini adalah teknik yang sangat digemari oleh seniman Henri Matisse. Memotong kertas, membentuk potongan-potongan tersebut, lalu mewarnainya.

Mobile

National Gallery of Art's annual High School Summer Institute students create mobiles to hang at the Northwest One Neighborhood Library
Patung-patung kinetik, yang terbang di udara berkat geometri seimbang, dapat menggabungkan bahan mulai dari tetapi tidak termasuk ke benang, tali, ranting, roda, pom-pom, kertas konstruksi. Seperti sebuah dreamcatcher, mobile sering ditaruh dekat tempat kamu tidur, gerakan dari mobile tersebut menenangkan, dimaksudkan untuk membantu kamu hanyut dalam keadaan yang rileks.

Paper Chain

Guinness World Record Attempt For Longest Chain Of Paper Dolls
Pernah tidak membuat potongan gambar yang menyambung satu sama lain? Cara ini juga bisa kalian praktikkan karena membutuhkan ketenangan dan kesabaran dalam memotong. Kalau tidak, potongannya akan terputus dan merusak sambungan gambar yang satu dan yang lain.

Puppet Show

o-SPART-900
Kamu tidak akan pernah lupa, sudah berapa waktu yang kamu habiskan bersama keluargamu menonton pertunjukkan boneka jadi-jadian dari kaos kaki dengan narasi yang membuatmu tertawa terpingkal-pingkal. Tapi, bermain pertunjukkan wayang dapat mengolah pengetahuanmu dan cara kamu bertutur kata sesuai dengan karakter yang kamu buat.

Voodoo Dolls

o-VOODOO-900
Sebenarnya yang terakhir ini agak mengerikan sih. Gara-gara Annabelle, konotasi boneka barbie cantik sudah hilang. Terlebih lagi boneka voodoo yang sering digunakan untuk menyantet di dunia perdukunan.

Kedua belas teknik di atas adalah opsi bagi kamu untuk mengurangi stres karena tugas atau pekerjaan. Sederhananya, mengingat masa-masa yang telah dilewati dapat meredakan stres. Selamat mencoba!

 

Sumber gambar: huffingtonpost.com

Terapi Seni

About author

Come Closer and See The Inner Me

COME CLOSER AND SEE THE INNER ME Photography, fashion, art, and textile exhibition  Jakarta, 9 Mei 2012 – Chris Bunjamin (photography), Felicia Budi (fashion), Hendy ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official