Art

10 Cara Mengatasi Creative Block

Nggak selamanya yang namanya ide itu mengalir, karena ada kalanya saat kita ingin sekali membuat sebuah karya, tapi kita sama sekali nggak mendapatkan inspirasi. Sementara, bagi kita yang hidup dari seni, dapur tetap harus ngebul, dan perut harus tetap kenyang. Atau, kadang kita sudah mendapatkan idenya, tapi setelahnya kita mandeg, karena nggak tahu bagaimana mengeksekusi ide itu menjadi sebuah karya seni.

Jealous-Curator-Pinterest

Dalam sebuah buku yang berjudul “The Jealous Curator” yang ditulis oleh Danielle Krysa, diungkapkan bagaimana cara mengatasi “creative block” yang sering dialami oleh para seniman. Daneille mewawancara 50 orang seniman, dan mereka berbagi tips bagaimana caranya mengatasi “block” tersebut. Mereka terdiri dari penulis, desainer, pelukis, aktor, penari, dan berbagai jenis seniman lainnya. Mereka berbagai pengalaman dan kebiasaan mereka, sebagai seorang seniman.

Satu

Jangan pernah berpikir bahwa kamu harus membuat karya yang sempurna. Yang penting terus berkarya, dan kalau pun karyamu menurutmu nggak sempurna, itu bukan berarti kiamat, bukan?

Dua

Membuat karya seni itu artinya melakukan sesuatu yang menyenangkan, jadi tetaplah “bermain” dan anggaplah proses pembuatan karya seni itu sebagai taman bermainmu.

Tiga

Jangan membatasi dirimu dalam berkarya. Terus bekerja, buatlah sesuatu tanpa harus mempedulikan peraturan baku. Ingat, yang kamu buat itu karya seni.

Empat

Luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Dengan minum kopi sendirian, mendengarkan lagu, atau apa pun – dan lakukan ritual ini setiap hari. Beberapa jam sebelum kamu mulai bekerja, misalnya.

Lima

Tetaplah rendah hati, dan jangan sakit hati ketika ada yang mengkritik karyamu. Ketika kamu sakit hati, kamu akan malas berkarya.

Enam

Jangan ragu minta tolong kepada orang lain untuk menyumbangkan ide, juga jangan takut untuk ke luar dari zona nyaman kamu. Terimalah tantangan dan petualangan yang ditawarkan kepadamu.

Tujuh

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Mungkin dari bangunan kosong yang sering kamu lewati, drama kehidupan orang lain, percakapan dengan temanmu, atau mimpimu semalam.

Delapan

Cari tempat yang paling nyaman untuk bekerja. Kalau kamu punya studio sendiri, atur sedemikian rupa supaya setiap kamu masuk ke dalamnya, semangat dan kreativitas kamu langsung timbul.

Sembilan

Sesekali, buatlah sesuatu secara spontan tanpa harus direncanakan dulu. Nggak enak kan rasanya menahan bersin ketika hidungmu sangat gatal? Begitu juga ketika kamu sedang punya ide. Tuangkan saat itu juga!

Sepuluh

Sebuah karya kadang timbul dari sebuah kehancuran. Jangan ragu untuk menulis ulang ceritamu, atau melukis lukisanmu mulai dari goresan kuas yang pertama lagi. Tapi sekali lagi, yang penting berkarya dulu. Bagus atau tidaknya itu urusan belakangan, dan orang lain yang akan menilai. Bukan kita.

Selamat berkarya!

Sumber gambar: etsy.com

Teknologi + Seni = Artlens

Seni adalah bagian dari peradaban manusia, dan peradaban manusia juga nggak mungkin lepas dari yang namanya teknologi. Gallery One di Cleveland Museum of Art punya ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official