Quick Questions with Rukmunal Hakim

Balik lagi di sesi #QuickQuestions yang ngebahas berita terbaru para seniman/ilustrator muda, kali ini Kopling abis ngobrol-ngobrol dengan Rukmunal Hakim, seorang ilustrator asal Bandung dengan tarikan garis sangat detail di dalam karya-karyanya. Dulu, Hakim lebih sering menggunakan warna monokrom hitam putih saat berkarya. Kini, karya-karyanya terlihat lebih berwarna dengan penggunaan warna biru dan merah. Baru-baru ini, Kopling juga sempat memperhatikan kalau Hakim sepertinya sedang mengerjakan proyek personal “365-2018” yang dia abadikan lewat fitur highlight di Instagram Stories. Ada apa sih sebenarnya? Yuk disimak bareng!

Kopi Keliling (KK): Sempat ngintip di Instagram, nampaknya lagi rutin menggambar bertema bunga nih. Lagi ada persiapan apa? Apakah ini menjadi routine part 2, setelah routine part 1 temanya burung?
Rukmunal Hakim (RH): Bisa berhubungan atau tidak berhubungan sama sekali dengan proyek 365 terdahulu, tapi secara konsep, yaitu menggambar rutin setiap hari selama setahun, masih sama.
KK: Apa  tujuan dari proyek ini?
RH: Ide ini tiba-tiba tereksekusi, sebagian besar alasannya karena belakangan pekerjaan gue malah tidak berhubungan dengan (aktivitas) menggambar sama sekali. Sementara itu, banyak sekali teman-teman ilustrator yang mengalami peningkatan kemampuan teknik yang pesat, dan ini cukup membuat gue gusar karena merasa semakin tertinggal. Lalu dua pemicu utamanya lainnya adalah tulisan mas R.E. Hartanto soal rutinitas yang sangat menggugah atau, lebih tepatnya, menampar gue; dan proyek 365 yang diinisiasi oleh Muklay. Ya, lebih tepatnya panas aja sama Muklay. Kerjaan dia sudah segudang tapi masih sempet punya proyek 365. Hahahaha.
KK: Kenapa memilih bunga sebagai objek? Lalu, apa yang menentukan pemilihan jenis bunga untuk digambar?
RH: Pemilihan bunga sebetulnya nggak ada alasan yang benar-benar khusus, selain gue sudah sering menggambar bunga di dalam banyak karya gue. Jadi, sejauh ini alasannya hanya itu.
KK: Kalau tiba-tiba suatu hari di tengah proyek rutin setahun ini lo mendadak lagi nggak dapet inspirasi sama sekali untuk menggambar, apa yang bakal lo lakuin?
RH: Nah, ini juga alasannya gue memilih satu subjek atau objek saja adalah untuk menjaga konsistensi tersebut. Strategi gue seperti itu, hahaha… Plus, jumlah varian bunga ada banyak sekali, jadi seharusnya tidak akan kehabisan bahan.
KK: (Intermezzo) musik apa sih yang lo dengerin saat lagi menggambar?
RH: Belakangan sedang suka Ryo Fukui, Khruangbin, dan HYUKOH.

Cari tahu lebih jauh tentang Hakim di: @r_hakim.

(Foto: dok. Rukmunal Hakim)

About author

Antara Rhoma Irama dan Da Vinci

Yang kaya makin kaya Yang miskin makin miskin Masih banyak orang hidup dalam kemiskinan Sementara ada yang hidupnya berlebihan – Rhoma Irama, “Indonesia” Lirik di ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official