[LIPUTAN] Pameran Kopi Keliling Volume 8

Setelah melalui proses persiapan yang cukup lama dari sekitar bulan Februari 2015, dan sempat tertunda dari rencana awal diadakan di bulan Juni 2015, akhirnya Kopi Keliling berhasil mengadakan Pameran Kopi Keliling Volume 8!

Jujur nih, Pameran Kopi Keliling Volume 8 merupakan kegiatan yang persiapannya paling lama! Entah kenapa, sepertinya Kopling cukup mendapatkan beberapa cobaan saat mempersiapkan pameran ini. Mungkin karena tahun depan Kopling berniat untuk lebih besar lagi, jadi anggap saja lagi dipersiapkan gitu ya. Hehe… #positivethinking 

Seperti di sebagian besar acara Kopling, Pameran Kopi Keliling Volume 8 dibuka sejak jam 5 sore, namun pembukaannya baru resmi dimulai jam setengah 7. Yang istimewa kali ini memang Pameran Kopi Keliling Volume 8 tidak berdiri sendiri, tapi “dikawinkan” dengan pameran amal tahunan ACT. Jadi, 27 karya yang dipamerkan saat acara ini dilelang menggunakan sistem silent bidding dan hasil penjualan karyanya akan digunakan untuk membantu program pembangunan Rumah Belajar Sankabira yang dilakukan oleh gerakan Baraka Nusantara di Pulau Lombok.

Kopling8_2

Setelah pintu masuk pameran ada dinding #amplopbaik yang mengajak pengunjung untuk saling berbagi pesan baik kepada pengunjung lainnya secara anonim

Secangkir kopi hangat tidak pernah luput dari setiap acara Kopling, dan khusus untuk acara kali ini, Kopling meminta Coffee on Wheels untuk menyajikan kopi hitam hangat dari Desa Sembalun, Lombok, di mana para petani kopinya membuat sebuah brand kopi bernama Kopi Pahlawan yang diberdayakan langsung oleh Baraka Nusantara.

Kopling8_1

Sesi artist talk bersama kurator Ika Vantiani dan para peserta pameran

Setelah dibuka oleh Kopi Keliling, acara dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol singkat bersama Ika Vantiani selalu kurator pameran dan beberapa peserta pameran yang bisa hadir saat acara berlangsung. Meskipun tidak semuanya bisa datang, Kopling cukup senang soalnya tidak hanya peserta dari Jakarta saja yang hadir, tapi juga ada beberapa peserta dari luar kota! Yeay!

Kopling8_3

Karya-karya Pameran Kopi Keliling Volume 8

Usai ngobrol seru soal proses pengkaryaan, pusat perhatian acara beralih ke para penggagas Wujudkan.com, sebuah situs crowdfunding kreasi Indonesia yang juga digunakan untuk mewujudkan kreasi Kopling! Di sesi ini, Popon, selaku perwakilan dari Wujudkan.com menjelaskan tentang apa itu Wujudkan.com, dan membawa Wustuk, salah seorang kreator yang sukses mewujudkan kreasinya berkat Wujudkan.com untuk menjelaskan tentang kreasinya dan bagaimana ia bisa berhasil mengumpulkan dana untuk mewujudkan kreasinya tersebut. Berkat Wujudkan.com juga Kopling berhasil mengumpulkan target dana lebih dari 20 juta Rupiah lho! Jadi, buat kamu yang ingin mewujudkan sebuah project, jangan ragu untuk menghubungi tim Wujudkan.com!

Setelah sesi bersama Wujudkan.com berakhir, alunan musik merdu dari Nino Prabowo sempat mewarnai ruangan selama kurang lebih setengah jam sebelum akhirnya berlanjut ke sesi terakhir, yaitu ngobrol-ngobrol bareng Baraka Nusantara, sebuah gerakan independen yang memfokuskan diri untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di Desa Sembalun melalui Kopi Pahlawan dan Rumah Belajar Sankabira.

Kopling8_4

Sebelum pulang, pengunjung mengambil #amplopbaik dulu dong!

Sebelum acara ditutup, acara juga dimeriahkan oleh pengumuman pemenang silent bidding. Ada sebanyak 11 karya yang berhasil terjual malam itu, dan karya-karya pameran yang masih tersedia tetap dapat kamu beli melalui sistem silent bidding langsung ke email Kopling. Untuk melihat karya-karya yang tersedia, kamu bisa langsung cek di artikel ini dan ini.

Ketika jarum jam menunjukkan pukul setengah sepuluh malam, ketika itu juga Pameran Kopi Keliling Volume 8 resmi selesai. Berakhirnya Pameran Kopi Keliling Volume 8 juga menandai berakhirnya acara pameran volume Kopling. Di tahun kelima ini, Kopling telah me-review kegiatan pameran kami ke belakang, dan berdasarkan review tersebut Kopling sedang mempersiapkan program yang pastinya lebih baik di tahun depan.

Jadi, tetep pantengin kegiatan Kopling yah!

About author

Quick Questions with Rukmunal Hakim

Balik lagi di sesi #QuickQuestions yang ngebahas berita terbaru para seniman/ilustrator muda, kali ini Kopling abis ngobrol-ngobrol dengan Rukmunal Hakim, seorang ilustrator asal Bandung dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official