Kaleidoskop: Kopi Keliling Network di Tahun 2016

Ada banyak peristiwa mengagetkan dan nggak menyenangkan yang terjadi di tahun 2016. Tapi, buat Kopling sendiri selalu ada hal-hal baik yang juga layak untuk diingat, seperti banyaknya inovasi keren yang diciptakan tahun ini.

Menjelang berakhirnya tahun 2016 juga dimanfaatkan banyak orang sebagai waktu untuk refleksi pencapaian diri dan menciptakan goal baru di tahun depan. Bagi Kopling sendiri, masih ada cukup banyak hal yang tertunda di balik beberapa mimpi yang berhasil terlaksana dan pengalaman baru yang didapat di tahun 2016, baik dari kegiatan yang diadakan oleh Kopling sendiri maupun melalui Catalyst Arts. Tentunya semuanya ini bisa terealisasi karena dukungan berkelanjutan dari teman-teman semua.

Sekadar sharing, berikut hal-hal yang sempat Kopling dan Catalyst Arts, lakukan selama setahun ke belakang.

Berjejaring dengan teman-teman seniman dan ilustrator di Asia Tenggara

kolase-sea

Selama ini Kopi Keliling dan Catalyst berinteraksi dengan seniman muda dan ilustrator di Indonesia. Hasil obrolan, diskusi, dan bahkan kadang curhat tentang skena tersebut menimbulkan beragam pertanyaan khususnya yang berhubungan dengan hal-hal yang menghambat serta apa yang harus dikerjakan agar potensinya mencapai titik yang maksimal. Pada saat itu Kopling merasa terlalu dekat dengan ‘problem’ yang dihadapi oleh pelaku di tanah air. Sebagai program riset sekaligus networking akhirnya di awal tahun 2016 Kopling berkesempatan untuk berkunjung dan berkenalan dengan teman-teman seniman dan ilustrator dari Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Cerita yang Kopling dapat dari mereka sangat beragam, dan menarik! Banyak insight yang selama ini tidak disadari kemudian terangkat ketika membahas tentang seni dan ilustrasi namun dari sudut padang kultur yang berbeda. Beragam wacana menarik pun timbul akibatnya. Selama tahun 2016 mencari program menarik apa yang bisa dikerjakan bersama, dan semoga pada tahun 2017 mendatang akan segera terlaksana. Doakan ya teman-teman!

Catalyst Art Market Volume 6

catalyst-art-market-6

Workshop drawing oleh Varsam Kurnia di Catalyst Art Market 6

Catalyst Arts kembali mengadakan Catalyst Art Market lagi di tahun 2016, dan event pertama tahun ini diadakan di bulan April. Ini juga pertama kalinya Catalyst Art Market diadakan di tempat yang “tidak biasa”, tepatnya di Graha Purna Wira di Darmawangsa. Dibilang cukup ‘aneh’ soalnya biasanya gedung ini dipakai buat acara kawinan, pertemuan, dan sejenisnya. Banyak pembelajaran yang Kopling dapatkan setelah membuat acara di luar pusat perbelanjaan/cafe dan resoran. Acara ini juga menjadi menarik karena (ternyata) menjadi acara terakhir yang diadakan di gedung tersebut karena rencana pembangunan ulang total area bangunan tersebut. Bye-bye Graha Purna Wira, terima kasih!

Satu Kata Baik Setiap Hari

satukatabaiksetiaphari

Ilustrasi Azisa Noor (kiri atas), salah satu ilustrator yang berpartisipasi di #satukatabaiksetiaphari, dan para peserta yang merespon kata dan gambarnya

Memanfaatkan momen refleksi diri di bulan puasa, Kopling membuat digital campaign #satukatabaiksetiaphari di akun Instagram @KopiKeliling supaya kita bisa memproyeksikan dan merefreksikan kata-kata baik sebagai pengingat bagi diri sendiri sekaligus sebagai tantangan untuk menggambar setiap hari. Kampanye ini dilakukan selama sebulan penuh dari puasa dimulai hingga sehari sebelum lebaran. Setiap pagi saat sahur, Kopling mem-publish sebuah gambar yang merupakan interprestasi seorang ilustrator akan sebuah kata kemudian menatang para ilustrator untuk menggambar berdasarkan kata yang di-publish hari itu dan mem-posting-nya di Instagram masing-masing. Terima kasih buat semua teman-teman yang ikut berpartisipasi waktu itu.

Mereka yang Mereka-reka & NgabubuART

mereka-yang-mereka-reka

Mereka yang Mereka-reka bersama Karin Josephine, Ruth Marbun, dan Rukmunal Hakim

Berawal dari perjumpaan Kopling dengan Rukmunal Hakim, tercetuslah wacana untuk membuat acara diskusi santai dari seniman visual yang saat itu baru saja melakukan residensi independen dan menyiapkan pamerannya sendiri di Jepang, Ruth Marbun. Bersama dengan Karin Josephine yang juga baru menyelesaikan pameran perdananya di LIR, Yogyakarta, akhirnya jadilah acara sharing kecil yang berjudul Mereka yang Mereka-reka.

Video rekaman perbincangan Mereka yang Mereka-reka bisa kamu tonton lewat link berikut: part 1part 2.

ngabubuart

NgabubuART bersama Mayumi Haryoto, Muhammad Taufiq (Emte), Diela Maharanie, dan Monica Hapsari

Melihat kebutuhan akan informasi di industri ilustrasi, di bulan ini Catalyst Arts juga mengadakan seminar NgabubuART yang menampilkan empat ilustrator handal untuk sharing tentang perjalanan karier mereka hingga bisa mempunyai nama yang cukup established di industrinya masing-masing, yaitu fashion, editorial, advertising, dan merchandising. Program ini adalah program pertama yang Kopling buat untuk membahas skena ilustrasi di Indonesia. Nggak disangka, antusiasme peserta untuk mengikuti seminar ini ternyata cukup besar!

Video liputan acara NgabubuArt bisa kamu lihat di sini. 

Trade Off!

trade-off

Wickana Laksmi Dewi dan Nugraha Pratama saling bertukar karya

Trade Off merupakan event kedua yang diadakan Catalyst Arts di tahun 2016, di mana visual artist diundang untuk berkumpul bersama dan membawa item berupa karya untuk ditukarkan dengan visual artist lain dan pengunjung yang datang saat acara. Acara ‘barter’ kecil-kecilan ini rasanya menyenangkan dan intimate. Cukup senang juga karena Trade Off diliput dan masuk dalam salah satu video dokumenter BBC.com tentang skena seni di Jakarta.

Tonton video liputan acara Trade Off di sini. 

The Coffee Man Film Screening Series

the-coffee-man-headline-coffee

Sebagian peserta dan panitia pemutaran film The Coffee Man di Headline Coffee yang masih bertahan sampai sesi pemotretan

Setelah beberapa lama agak kurang terlibat di dunia perkopian Indonesia, Kopling akhirnya bisa berkontribusi kembali dengan mengadakan pemutaran film dokumenter The Coffee Man yang bercerita tentang perjalanan juara World Barista Championship 2016 bernama Sasa Sestic dalam mencari seluruh elemen yang diperlukan untuk menghasilkan secangkir kopi terbaik. Pemutaran ini dilakukan di berbagai coffee shop yang tersebar di Jakarta (Headline Coffee, Caswell’s Coffee), Serpong (Turning Point), Bintaro (Sebastian Coffee), Bekasi (Head and Brew), Malang (Mmmm Coffee).

ACT2016: Pro Plan Pooch Party

pro-plan-pooch-party

Pro Plan Pooch Party

Pameran amal merupakan acara wajib yang Kopling adakan setiap tahun, karena menurut Kopling kita tetap harus menyisihkan waktu, tenaga, dan material untuk berbuat sesuatu bagi masyarakat. Setelah beberapa kali mengadakan pameran amal, akhirnya Kopling kesampaian untuk menggabungkan dua hal yang disukai, yaitu seni dan anjing, melalui pameran amal bertema anjing Pro Plan Pooch Party. Didukung oleh Pro Plan Indonesia dan bekerja sama dengan Garda Satwa Indonesia, kreator Traveling Richie, Wujudkan.com, dan Caswell’s Coffee, acara ini jadi acara yang benar-benar menggemaskan karena banyak banget anjing-anjing lucu berkeliaran. Lihat saja videonya di sini.

Catalyst Art Market Bali

Bulan September jadi pengalaman seru buat Catalyst Arts karena untuk pertama kalinya mengadakan art market di luar Jakarta, tepatnya di Bali. Setelah berpartisipasi di acara Soundrenaline, Catalyst Arts mengadakan Catalyst Art Market Bali di Rumah Sanur Creative Hub. Banyak pembelajaran dan pengalaman seru yang didapat dari mengadakan event di luar kota (terakhir kali di Yogyakarta tahun 2013). Doakan juga tahun depan akan kembali lagi!

Penutup Tahun 2016 dan Rencana 2017

aotearoa

Di penghujung tahun 2016 Kopling dan Catalyst lebih banyak menghabiskan waktu mempersiapkan sesuatu yang baru untuk kamu semua di tahun 2017. Kegiatan kecil terakhir adalah Aotearoa yang merupakan acara sharing mengenai program residensi yang diikuti oleh teman Kopling, Basith Ibrahim. Format acara ini memang tertutup, namun kamu bisa lihat video obrolannya nanti di Youtube Kopi Keliling.

Nggak lupa Kopling mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semua, baik para visual artist, pengunjung, sponsor, rekan kerja, dan volunteer yang sudah membantu Kopling untuk terus bernafas sepanjang tahun 2016. Mudah-mudahan ada banyak hal baik juga yang kamu dapatkan di tahun 2016.

Semoga tahun 2017 akan jadi tahun yang lebih menyenangkan dan kita bisa berjumpa lagi!

About author

Soft Sculptures

Kamu suka menjahit dan membuat barang-barang kerajinan tangan dari kain? Seorang perempuan Inggris yang bernama Holly Levell juga mempunyai hobi serupa. Holly sangat kreatif dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official