[Podcast Buku Main Mata] Menulis Jurnal, Kebiasaan Sederhana Penuh Manfaat feat. Valiant Budi

Bayangkan situasi berikut: kamu baru mengalami sebuah kejadian menarik hari itu dan kamu berpikir kamu enggak akan pernah melupakan kejadian tersebut. Kamu hanya merekam peristiwanya dalam ingatan tanpa menuliskannya di lembaran apa pun dan mendapati suatu hari kamu enggak bisa mengingat detail kejadiannya. Yang kamu ingat hanya: kejadian itu sangat berkesan. Sayang sekali, bukan?

Ada puluhan sampai ratusan momen kecil yang terjadi dalam keseharian hidup kita. Dari momen yang begitu berkesan sampai momen sekejap mata yang sebenarnya mungkin menarik tapi belum bisa kita cerna dengan baik saat itu. Jika momen-momen itu enggak dicatat, kita mungkin enggak akan menyadari jika suatu hari momen tersebut akan memiliki peran signifikan dalam perjalanan hidup kita.

Vabyo, alias Valiant Budi, adalah novelis dan cerpenis yang telah menerbitkan cukup banyak buku yang laris manis di pasaran. Ia pernah menuliskan pengalamannya hidup dan bekerja di Arab Saudi sebagai seorang barista lewat buku Kedai 1001 Mimpi dan Kedai 1002 Mimpi yang banyak menuai protes dari banyak orang karena memaparkan kenyataan yang sulit diterima oleh masyarakat. Pada 2019 lalu, Vabyo menerbitkan buku kumpulan cerpen Tukar Takdir. Buku ini berisi kisah 12 takdir manusia yang cerita-ceritanya diambil dari pengalaman pribadi dia dan beberapa orang teman.

Seluruh cerita yang ditulis oleh Vabyo berangkat dari kebiasaannya menulis jurnal harian sejak masih kecil. Sebagai orang yang suka bercerita, Vabyo kemudian bisa memilah dan memilih cerita-cerita mana yang menurutnya seru untuk diangkat menjadi karya fiksi. Bagi Vabyo, menceritakan pemikiran dan pengalaman pribadi ke dalam bentuk fiksi adalah sesuatu yang melegakan. Lega karena ia bisa berbagi cerita dan mengutarakan “kebohongan baik” (karena ya itu tadi, sesungguh-sungguhnya tulisannya adalah karya fiksi), tapi sekaligus juga lega karena karyanya membuat ia terhubung dengan berbagai ragam pembaca yang juga mengalami kelegaan ketika menemukan cerita yang mewakili pengalaman hidup mereka.

Kamu bisa mendengarkan cerita lengkap Vabyo soal buku Tukar Takdir dan kehidupannya sebagai penulis di podcast buku Podcast Main Mata berikut ini.

About author

Letters of Note oleh Shaun Usher

Manusia suka bernostalgia, berapapun umurnya, untuk mengingat kenangan indah masa muda melalui benda ataupun melalui cerita yang terpatri di otak. Nostalgia ini nggak harus cerita tentang diri ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official