Zebra Cross Ramah Lingkungan

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengurangi kandungan polusi udara yang berlebihan, China Environmental Protection Foundation (CEPF) bekerja sama dengan Jody Xiong dari DDB China, sebuah creative agency, membuat kampanye yang secara halus mengingatkan sehatnya berjalan kaki daripada naik mobil. Hal ini dilakukan karena menurut survey dari Kementerian Perdagangan Cina, negara itu merupakan pasar mobil terbesar di dunia! Kebayang kan… Di Jakarta aja penuhnya udah bukan main, entah seperti apa di Cina yah?

Kampanye ini dibuat dalam bentuk instalasi kanvas putih berukuran 12.6 m x 7 m yang berisi gambar sebuah pohon tanpa daun yang ditempatkan di 132 zebra cross di 15 kota di Cina. Di kedua sisi trotoar, mereka menaruh bantalan busa yang direndam dalam cat berwarna hijau yang daun ramah lingkungan. Jadi, orang yang akan melewati jalan tersebut harus menginjak bantalan busa berwarna hijau dulu. Ketika mereka menyeberangi jalan yang sudah dialasi dengan kanvas putih berisi gambar pohon tanpa daun, sol sepatu berwarna hijau yang menginjak kanvas akan berubah menjadi dedaunan yang menghiasi pohon tersebut. Dan memang itulah yang ingin disampaikan dari kampanye ini, semakin banyak kamu berjalan, maka lingkungan akan semakin hijau!

Pengen tau kayak apa proses pembuatan dan eksekusinya? Langsung aja lihat video di bawah ini.

 

Menurut estimasi, ada sekitar hampir 3.920.000 orang melewati instalasi tersebut. Hasil akhirnya nanti akan menjadi billboard yang dipajang di beberapa lokasi perkotaan. Wow! Nggak cuma interaktif, kampanye ini sangat edukatif. Mungkin bisa menjadi salah satu ide kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia juga.

 

About author

Annisa Aprianinda

Gue berharap ke depannya gue bisa bikin karya yang lebih relatable sama perasaan yang dirasain orang lain. Mungkin banyak di antara kita yang tertarik untuk ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official