Sepasang Minuman Kopi dari Vienna

Masih tentang Vienna yang kabarnya budaya kopinya lain dari yang lain dan sangat elegan itu. Di rumah-rumah kopi di Vienna, ada 2 macam minuman kopi yang paling banyak ditemui. Mirip-mirip sih, tapi nggak serupa. Apa aja itu?

Wiener Melange

450px-Wiener_Melange_0363wien_img_9691

Dalam bahasa Jerman, “wiener” memang artinya sosis, tapi “wiener melange” di sini artinya “campuran Vienna”. Minuman kopi ini mirip-mirip sama cappuccino, tapi bedanya si melange ini dibuat dengan rasa yang lebih lembut. Ada orang yang mendeskripsikan minuman ini: satu shot espresso yang disajikan dalam cangkir yang besar dengan susu steamed dan busa atau foam susu. Ada juga yang mendeskripsikannya: setengah kopi hitam yang dicampur dengan setengah susu krim, dan ditutup dengan susu foam.

622px-Cafe_Viennois-(1)

Tapi sebenarnya, kalau kita ke rumah-rumah kopi di Vienna atau cafe-cafe di Paris, ketika kita minta wiener melange, yang sering ke luar malah “espresso con panna”, yang sebenarnya resep asli Italia. Minuman kopi ini terbuat dari satu atau dua shot espresso, dan ditutup dengan whipped cream, bukan susu foam, seperti wiener melange. Espresso con panna sendiri di Vienna sebenarnya punya nama sendiri, yaitu “Franziskaner”, yang namanya diambil dari ordo Fransiskus, yang berhubungan juga dengan nama “cappuccino”. Para pastur itu mengenakan capuchin pada Abad 16. “Cappuccino” sendiri berasal dari istilah Austria “Kapuziner” yang punya arti sama. Menarik ya, bagaimana cara penyajian dan nama minuman-minuman kopi ini saling berhubungan.

Vienna Coffee

coffee-in-vienna-4-copy

Bedanya dengan wiener melange, vienna coffee ini dibuat dengan lebih banyak menggunakan krim. Caranya adalah dengan memasukkan dua shot espresso ke dalam sebuah cangkir atau gelas, dan setelahnya gelas atau cangkir itu dipenuhi dengan whipped cream sampai penuh, sebagai pengganti susu dan gula. Di atasnya bisa juga ditaburi dengan bubuk coklat, dan minuman ini diminum melalui krim yang ada di atasnya.

Pengen coba bikin sendiri di rumah? Coba simak tips membuat espresso ini dan cara membuat whipped cream sendiri. Selamat mencoba!

Sumber gambar: Thrree Birds Blog dan beberapa sumber lainnya

Dramatisasi Ruang Sidang

Di balik kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan di era teknologi seperti sekarang ini, bukan hanya tukang pos yang dilanda kegelisahan. Para tukang foto keliling juga. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official